5 Kesalahan Merawat Rambut yang Justru Merusak Penampilan

By , Selasa, 24 November 2015 | 09:00 WIB
Cara Atasi Rambut Kering (Nova)

Anda bosan dan bingung dengan model rambut yang terlihat sama setiap harinya? Atau, rambut selalu diberi vitamin dan rajin keramas namun tetap terasa kaku dan kusam? Sering kali kita merasa telah melakukan banyak hal, tapi tak ada dampak positif yang dirasakan. Mungkin, sebenarnya ada kesalahan merawat rambut yang telah Anda lakukan.

Berikut beberapa kesalahan merawat rambut yang sering dilakukan perempuan seperti dilansir Good Housepeeking. Apakah Anda melakukan salah satunya?

1. Tidak menata kembali model rambut.

Model rambut Anda yang terlalu panjang atau terlalu pendek sebenarnya bisa membuat penampilan Anda tak maksimal. Katakanlah, bentuk rambut yang salah bisa membuat wajah terlihat lebih bulat, lebih terkesan tua, atau justru menonjolkan kekurangan Anda. 

Bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas, nampaknya tidak terlalu pas memiliki rambut panjang. Tapi, kurang pas juga jika model rambut terlalu pendek, meski Anda berpikir merawatnya akan lebih mudah. Potongan rambut medium dirasa bisa memberi kesan anggun sekaligus fresh. Namun, detailnya tetap tergantung bentuk wajah Anda.

Baca: Ini Warna dan Model Rambut yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Maka, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum Anda mempersilakan capster memangkas rambut Anda. Jelaskan kondisi wajah dan rambut Anda, serta bagaimana kebiasaan Anda menatanya setiap- hari. Mungkin Anda ingin potongan rambut yang tak perlu diblow? Biasanya, hair stylist akan lebih paham model rambut yang sesuai dengan Anda.

2. Salah Memilih Warna Cat Rambut

Anda mewarnai rambut, tapi malah membuat kulit wajah Anda terlihat kusam? Ini juga sering terjadi. Jadi, pilihlah warna rambut yang membuat kulit Anda terlihat cerah. Bagaimana caranya? Untuk kulit kuning langsat, biasanya warna cokelat kemerahan atau copper cocok untuk Anda. 

Baca: Serba-Serbi Merawat Rambut yang Diwarnai

3. Salah Potongan Poni

Poni memang bisa menyamarkan garis dahi, tapi tidak semua orang cocok memakai poni. Tak jarang, poni membuat wajah menjadi sempit atau justru menjadi bulat. Ada baiknya tanyakan pada ahlinya agar tidak salah memilih model. Biasanya, hair stylist juga bisa menyesuaikan keinginan Anda dengan kondisi wajah. Misal, jika Anda ingin poni rata di atas alis, apakah lebih baik Anda memotongnya dengan metode penipisan atau tidak?   4. Menggunakan produk yang sama selama bertahun-tahun