Jelang Musim Hujan, Penuhi 3 Nutrisi Penting Kesehatan Tubuh

By , Senin, 14 Desember 2015 | 04:15 WIB
Jelang Musim Hujan, Penuhi 3 Nutrisi Penting Kesehatan Tubuh (Nova)

Tubuh perlu dilandasi oleh tiga fondasi dasar yang mampu menjaga kesehatan serta pemenuhan nutrisi terutama selama musim hujan. 3 nutrisi penting tersebut ialah makronutrisi, mikronutrisi dan fitonutrisi. Dengan memenuhi kebutuhan utama tersebut, kesehatan optimal dapat dicapai sebagai modal menjalankan aktivitas sehari-hari maupun pendukung kebugaran tubuh yang rentan menurun saat musim hujan datang.

Baca: 6 Nutrisi Penting yang Tepat untuk Anda yang Sibuk

Apa itu makronutrisi? Makronutrisi merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi dalam jumlah besar atau makro. Selain karbohidrat, zat gizi dasar yang juga termasuk makronutrisi adalah protein dan lemak.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO, menyarankan 0,83 gram protein bermutu tinggi per kilogram berat tubuh per hari. Contoh seseorang dengan bobot 60 kilogram butuh 8 butir telur membutuhkan 50 gram per hari. Sedangkan, American Heart Association menganjurkan dua porsi ikan berlemak seperti ikan salmon, tenggiri dan tuna per minggu.

Baca: 10 Nutrisi yang Dibutuhkan Setiap Anak

Manfaat protein ialah untuk membantu tubuh tetap bertenaga, membangun otot dan memelihara otot tanpa lemak. Protein akan membuat sel baru, memelihara jaringan dan mengatur fungsi sel. Sementara, manfaat asam lemak omega-3 ialah menjaga kesehatan jantung, otak dan sistem saraf serta memperkuat pembuluh darah vena dan arteri yang berfungsi membawa zat gizi ke semua sel dalam tubuh. Asam lemak omega-3 menunjang keluwesan dan daya gerak sendi.

Baca: Selain Kalsium dan Vitamin D, Tulang Perlu Nutrisi Lain

Apa yang dimaksud mikronutrisi dan fitonutrisi? Meski menyandang istilah mikronutrisi, nyatanya peran dan fungsi kedua kelompok nutrisi ini tidaklah kecil atau bisa diabaikan. Mikronutrisi terdiri dari vitamin dan mineral yang meski tubuh memerlukannya hanya dalam jumlah kecil atau mikro, tapi perannya amat besar dalam menunjang kesehatan.

Sebagian vitamin hanya bisa didapat dari makanan atau kombinasi makanan tertentu sehingga butuh upaya ekstra untuk mencapai jumlah vitamin dan mineral yang optimal. Fungsi vitamin dan mineral akan bekerjasama dengan makronutrisi untuk menjalankan ratusan peran yang menunjang kesehatan sekaligus menjaga tubuh dari ragam penyakit yang merugikan.

Fitronutrisi juga tidak kalah pentingnya untuk memenuhi syarat tubuh sehat. Fitronutrisi adalah komponen organik yang terdapat dalam tumbuhan. Perannya ialah memberi perlindungan antioksidan tambahan.

Dari berbagai sumber