10 Rahasia Rempah Nusantara Penyedap Masakan Khas Indonesia

By nova.id, Senin, 29 Mei 2017 | 03:30 WIB
10 Rahasia Rempah Indonesia Agar Masakan Jadi Lezat (nova.id)

Siapapun pasti setuju bahwa aroma khas masakan asli nusantara selalu lezat dan menggoda. Ternyata, rahasianya memang terletak pada penggunaan rempah-rempah Indonesia yang membuat cita rasa makanan menjadi sedap.

Tabloidnova.com merangkum 10 rahasia rempah Indonesia agar masakan menjadi lezat dan menggoyang lidah Anda dan keluarga. Selain menghangatkan tubuh dan diklaim baik untuk kesehatan, 10 rahasia rempah-rempah nusantara ini juga membuat olahan terasa lebih nikmat dan harum.

Andaliman Andaliman berbentuk biji sebesar merica berwarna hijau cerah dengan ranting-ranting kecil. Biji andaliman diambil dari pohon berduri mirip pohon ceri, biasanya dipetikselagi segar dan tahan disimpan hingga beberapa hari. Warnanya akan berubah kehitaman jika sudah tua. Rasanya pedas segar mengigit dan banyak dipakai dalam bumbu hidangan Sumatera.

Andaliman bermanfaat menambah rasa pedas dan aroma segar pada gulai, saus untuk seafood bakar, dan sambal. Cara menggunakannya sangat mudah, haluskan bersama bumbu lain atau campurkan utuh ke dalam masakan. Untuk membuat sambal, andaliman cukup dimemarkan saja.

Adas Manis Dikenal dengan nama lain caraway. Bentuk dan warnanya sangat mirip dengan adas karena itu orang sering keliru mengenalinya. Adas manis bentuknya lebih langsing dari adas dan warnanya sedikit lebih manis, banyak dipakai untuk kue-kue dan minuman tradisional.

Adas manis berguna memberikan aroma harum pada roti, puding, kuekue kering, cake dan jajanan tradisional. Sangrai adas terlebih dahulu hingga harum lalu haluskan bersama bumbu lain. Jika dipakai dalam adonan puding atau roti dapat dicampurkan langsung. Sedangkan yang berupa bubuk dapat diaduk langsung dengan bahan atau bumbu lainnya.

Angkak Angkak juga banyak digunakan dalam hidangan Tionghoa. Angkak merupakan beras ketan yang difermentasi dan dikeringkan hingga warnanya merah tua, agak kusam, dan kering. Di pasaran biasanya dijual dalam kemasan plastik dan botol.

Angkak basah, bentuknya mirip tapai ketan, tetapi berwarna kemerahan, sedikit berair dan dijual dalam kemasan botol. Angkak sangat bermanfaat untuk menambah aroma segar dan warna merah alami pada daging ayam dan daging sapi yang dipanggang.

Angkak basah, sangat enak langsung ditumis dengan tahu dan sayuran segar. Sedangkan angkak kering dicampur bersama bahan lain, lalu masak hingga lunak dan berwarna kemerahan.

Bumbu Ngohiong Bumbu bubuk berwarna cokelat ini merupakan campuran beberapa jenis rempah yang dihaluskan, yaitu pekak, merica szechuan, kayu manis, adas dan cengkih.

Dikenal juga dengan sebutan five spice powder. Dijual dalam kemasan siap pakai. Jika ingin membuat sendiri, sebelum dihaluskan, semua bumbu disangrai dahulu. Jika ingin disimpan, dinginkan, lalu simpan di wadah bertutup rapat agar aroma dan kualitasnya tahan lama.

Bumbu ngohiong ini biasa digunakan dalam olahan ayam, bebek, atau daging panggang. Aroma masakan menjadi sangat sedap dengan rendaman bumbu ini, terutama saat dipanggang