5 Langkah Agar Bedak Tahan Lama dan Wajah Bebas Noda

By nova.id, Senin, 21 Desember 2015 | 00:45 WIB
Agar bedak tahan lama dan wajah bebas noda, lakukan 5 langkah ini sebelum mengenakan riasan wajah lainnya. (nova.id)

Ketika suatu siang Anda bercermin dan melihat wajah sudah tak segar karena bedak terlihat tak merata atau bahkan sudah pudar, bisa jadi suasana hati langsung berantakan. Terlebih bila Anda hendak melakukan meeting atau presentasi penting.

Hal tersebut seharusnya tidak akan terjadi bila Anda mengetahui tips agar bedak tahan lama dan membuat wajah segar sepanjang hari.

Perlu dipahami, mengaplikasikan bedak merupakan langkah penting dalam rangkaian rias wajah. Pasalnya, penggunaan bedak akan menentukan apakah keseluruhan makeup Anda bisa bertahan sepanjang hari atau tidak.

Bedak berfungsi untuk mencipta kondisi wajah yang lebih halus, tidak berminyak, dan meratakan warna kulit. Sehingga bisa dibilang, penggunaan riasan wajah lainnya akan sia-sia bila Anda menggunakan bedak dengan cara yang salah. Pasalnya, kulit membutuhkan “alas” yang baik sebelum diberi perias wajah lainnya.

Sementara untuk Anda yang lebih senang tampil natural tanpa makeup berlebihan, penggunaan bedak pun menjadi kunci penentu dalam penampilan sehari-hari. Pasalnya, bedak dapat menutupi kekurangan wajah Anda, seperti bintik-bintik hitam, ketidakmerataan kulit, minyak berlebih, hingga memberi tampilan lebih cerah dan segar.

Agar bedak tahan lama dan wajah bebas noda, perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Pilih Jenis Bedak

Secara umum, bedak terbagi menjadi loose powder (bedak tabor) dan pressed powder (bedak padat). Jika Anda ingin tampilan yang lebih menutupi kekurangan wajah, pilihan bisa dijatuhkan pada pressed powder karena sifatnya yang lebih opaque dan full coverage.

Namun, bedak padat juga memiliki beberapa jenis. Anda bisa memilih daya cover bedak padat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pilih light pressed powder bila lebih menyukai tekstur dan tampilan yang ringan.

Sementara bila Anda ingin lebih praktis sehingga tak perlu menggunakan alas bedak, pilih bedak berjenis two way cake untuk daya cover yang lebih tinggi. Bedak padat biasanya menjadi pilihan favorit karena lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

2. Jangan Diusap                         

Kesalahan perempuan dalam memakai bedak adalah ketika menggunakan bedak dengan cara diusap. Memang, ini menjadi kebiasaan begitu banyak perempuan. Padahal, agar bedak tahan lama dan merata di wajah, pengaplikasikan yang benar adalah dengan menekan-nekan lembut ke seluruh permukaan wajah.