10 Fakta Penyakit Leukemia yang Merenggut Nyawa Putra Presenter Farhan

By nova.id, Senin, 21 Desember 2015 | 09:45 WIB
10 Fakta Penyakit Leukemia yang Merenggut Nyawa Putra Presenter Farhan (nova.id)

Kabar meninggal dunia Muhammad Ridzky Khalid, putra dari presenter ternama Farhan sangat mengejutkan publik. Putra sulung Farhan tersebut didiagnosis menderita penyakit leukemia sehingga harus berpulang ke sisi Ilahi pada Minggu, (20/12) di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada pukul 13.40 WIB.

Ridzky meninggal dunia karena kanker darah atau yang lebih dikenal sebagai leukemia, yakni jenis kanker yang paling banyak menyerang usia anak-anak tersebut. Seperti yang dilansir oleh dosomething, inilah 10 fakta penyakit leukemia yang perlu Anda ketahui dan waspadai sebagai pencegahan dini.

Baca: Tiga Minggu Dirawat, Anak Presenter Farhan Meninggal Akibat Leukemia

1. Kira-kira setiap 4 menit, satu orang di Amerika Serikat didiagnosis mengidap jenis kanker darah. Ini adalah fakta penyakit leukemia yang pertama.

2. Ada 3 jenis utama dari kanker darah: Leukemia (kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang), Limfoma (kanker darah yang mempengaruhi sistem limfatik), dan Myeloma (kanker darah yang secara khusus menargetkan sel-sel plasma).

3. Lebih dari 1 juta orang Amerika hidup dengan, atau berada dalam remisi dari, leukemia, limfoma atau myeloma. Mereka dengan gangguan darah sering membutuhkan transfusi darah.

Baca: Meninggal Akibat Leukemia, Anak Presenter Farhan Terlambat Dapat Penanganan

4. Leukemia berada di urutan ke-10 dalam daftar jenis kanker yang paling sering terjadi pada semua ras atau etnis.

5. Ada 2 jenis utama dari limfoma: limfoma Hodgkin menyebar secara tertib dari satu kelompok kelenjar getah bening ke kelenjar yang lain dan limfoma Non-Hodgkin menyebar melalui sistem limfatik dengan cara acak.

6. Non-Hodgkin Limfoma adalah kanker paling umum ke-6 pada pria dan kanker yang paling umum ke-7 pada wanita di Amerika Serikat.

Baca: Mengharukan, Farhan Ucapkan Kata Perpisahan di Pusara Anaknya

7. Kira-kira setiap 10 menit, satu orang di AS meninggal karena kanker darah.