Tips Belanja Bijak Potongan Diskon Akhir Tahun

By nova.id, Kamis, 24 Desember 2015 | 03:45 WIB
Midnight Shopping berlangsung di 250 tenant di Senayan City, Jakarta. (nova.id)

Memasuki penghujung tahun, biasanya tiap pusat perbelanjaan modern seperti mal berlomba-lomba mengadakan program belanja dengan diskon besar-besaran.

Selain bertepatan dengan momen Natal dan Tahun Baru, akhir tahun pun identik dengan liburan. Anda tentu bisa diuntungkan dengan tawaran menggiurkan dari berbagai tenant dan produk di tiap mal yang menawarkan potongan harga menggoda. Seperti saat Midnight Shopping yang diselenggarakan secara rutin di mal-mal besar se-Jakarta.

Jika tak sedang membutuhkan aneka pernak-pernik jelang libur akhir tahun, Anda tetap bisa menikmati gelaran belanja tengah malam tersebut yang biasanya memiliki banyak hiburan seperti live music. Namun, jika Anda memang sudah mengagendakan Midnight Shopping sebagai ajang belanja di penutup tahun, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut:

Baca: Uang Terbatas? Begini Cara Manfaatkan Diskon Belanja Online

1. Buat daftar barang kebutuhan apa saja yang Anda ingin beli. Hal ini bertujuan agar Anda tak tergiur membeli barang yang didiskon super murah, padahal Anda belum tentu membutuhkan apalagi memakainya. Lebih baik, Anda beli barang yang multifungsi dan bisa dipakai berkali-kali. Tak apa membeli sebuah jaket trendi yang klasik tapi awet dan bisa digunakan untuk beragam acara.

2. Jika ada waktu, lakukan survei sebelumnya. Agar pengeluaran tak membengkak, beberapa hari sebelum Midnight Shopping berlangsung, Anda bisa kunjungi mal dan tenant yang menjadi incaran Anda. Selain bisa melihat perbandingan harga, spesifik barang yang Anda inginkan, hal ini juga mencegah Anda tergoda melirik barang lainnya.

Baca: Agar Tak Tertipu Saat Belanja Online, Ini Rumusnya

3. No high heels! Ke mal memang paling pas untuk bergaya maksimal sesuai pribadi Anda. Tapi, khusus untuk agenda Midnight Shopping buang jauh-jauh keinginan memakai high heels kesayangan Anda. Karena Anda akan berjalan cukup lama mengitari mal agar kaki tetap nyaman lebih baik kenakan flat shoes atau sandal. Jangan lupa pakai juga baju yang nyaman ya, jika Anda berencana membeli baju saat itu.

Baca: 10 Tips Hemat Belanja Kosmetik

4. Tukar karcis parkir Umumnya, pengelola mal akan memberikan fasilitas parkir gratis saat Midnight Shopping berlangsung. Jadi, jangan lupa tukarkan karcis parkir Anda dengan tiket gratis yang terdapat di counter khusus. Hm, lumayan, kan?

5. Jangan belanja dalam keadaan lapar Jika perlu, bawa camilan dan minuman seperlunya untuk mengantisipasi rasa lapar ketika Anda berburu barang-barang idaman. Atau Anda juga bisa memanfaatkan potongan harga di restoran atau kafe yang juga berpartisipasi dalam Midnight Shopping tersebut.

Baca: 5 Fakta Kebiasaan Belanja Perempuan Indonesia yang Unik