Trik Atasi Kebiasaan Anak Merengek Saat Minta Jajan di Supermarket

By , Rabu, 6 Januari 2016 | 11:15 WIB
Trik Atasi Kebiasaan Anak Merengek Saat Minta Jajan di Supermarket (Nova)

Pernah mengalami situasi dimana anak merengek nangis meminta jajan saat di supermarket? Jika iya, Anda pastilah kerap dilanda kebingungan atau keresahan ketika tangisan atau rengekan anak semakin menjadi-jadi.

Ingin dituruti, namun Anda sebenarnya khawatir anak akan mengonsumsi jajanan tidak sehat atau kecanduan mengemil makanan ringan. Biasanya dalam situasi seperti ini, orangtua akan memilih memarahi anak atau akhirnya menyerah dan mengikuti kemauan sang buah hati.

Ok, sebelum bias dan menimbulkan perdebatan. Ada baiknya memilah anggapan anak boleh jajan atau tidak jajan yang masing-masing tergantung oleh kesepakatan serta tradisi para orangtuanya, tentunya diluar masalah keuangan dan menghemat pengeluaran. Namun, membiarkan anak jajan sehat bukanlah hal yang salah, lo. Apalagi, bila anak gemar mengonsumsi buah segar atau susu rendah lemak dan gula yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Nah, inilah trik atasi kebiasaan anak merengek saat minta jajan di supermarket bagi para orangtua.

Baca: Ini Caranya Agar Anak Tenang Selama di Pesawat

Bikin perjanjian sebelum mengajak anak pergi berbelanja ke mal Tergantung tingkatan usia, namun usia pra-sekolah dan pra-remaja memiliki karakteristik penanganan yang berbeda. Usia pra-sekolah umumnya lebih sulit untuk dibujuk dan akan bereaksi lebih ekstrem ketimbang usia pra-remaja yang biasanya lebih pengertian.

Jelaskan tujuan berbelanja atau pergi ke supermarket, kemudian ajak anak menyusun daftar makanan yang ingin dibeli. Bila anak sudah menyepakati jumlah dan jenis jajanan yang ingin dibeli sesuai persyaratan Anda sebagai orangtua, peringatkan Si Kecil untuk patuh dan tidak boleh merengek saat sudah berada disana.

Anda mungkin akan mengalami situasi dimana anak berubah pikiran dengan mengganti atau menambah jenis jajanan yang ia inginkan. Jika saat ini datang, jelaskan secara lembut dan baik-baik pada anak soal komitmen semula. Cara ini ampuh mengajarkan anak untuk menepati janji dan bernegosiasi. Ini merupakan trik atasi kebiasaan anak merengek minta jajan yang pertama.

Baca: Anak Cengeng Hadapi Dengan Enteng

Pergi ke supermarket saat anak sudah merasa kenyang sehabis makan Memang belum mutlak ampuh memberi hasil. Namun, pergi ke supermarket saat anak sudah merasa kenyang sehabis makan akan menurunkan mood anak membeli jajanan makanan ringan. Usahakan tidak memberi tahu anak sebelumnya jika ingin mengajaknya berbelanja ke supermarket, sehingga anak akan melahap makanan utamanya seperti hari biasanya.

Baca: Mengatasi Anak Minta Jajan Saat Berbelanja

Bikin daftar prioritas belanja jajanan Hampir sama seperti tips mengatasi anak merengek saat minta jajan yang pertama. Daftar prioritas yang dibuat dan disepakati oleh anak akan mendorong anak untuk mengetahui mana jajanan yang ia sukai yang telah disetujui oleh orangtua soal dampak kesehatannya. Jangan lupa memberi tahu anak bujet uang yang Anda miliki sebelum berangkat. Harapannya, agar anak memahami dan mulai belajar menghitung jumlah jajanan sesuai kantong orangtuanya.