Berencana Renovasi Rumah? Ikuti 3 Tren Interior 2016 Ini

By nova.id, Jumat, 8 Januari 2016 | 05:28 WIB
Tren interior 2016 didominasi elemen natural dengan percikan geometris, serta dekorasi buatan tangan. (nova.id)

Warna-warna gelap yang menenangkan seperti biru, serta desain vintage yang mendominasi pada tahun 2015 lalu, ada kemungkinan menjadi usang, lo. Pasalnya, tahun ini diprediksi tren tersebut sudah sedikit ditinggalkan. Tren interior tahun 2016 lebih didominasi oleh warna-warna alami yang memenuhi interior rumah.

Menurut pakar desain Lamudi bernama Daniel Carrasco Lara, desain modern dan geometris serta bahan-bahan mineral dan natural akan meningkat penggunaannya tahun 2016. 

Selain itu, warna modern yang menyegarkan akan kembali diminati, tapi dikombinasikan dengan kesederhanaan.

"Karena itu, industri profesional bisa berharap banyak pada barang-barang buatan tangan pengrajin, penggunaan bahan yang berkelanjutan pun akan terus meningkat. Pemakaian bahan metal dan logam juga mengikuti," tutur Daniel dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (4/1/2016).

Menurut Daniel, ada tiga desain rumah yang akan menjadi tren tahun ini:

1. Elemen geometris

Backsplash (area dinding di dapur yang ditempati kitchen cabinet) dekoratif memang menjadi tren pada tahun 2015, dan tahun 2016 akan membawa tren ini ke level selanjutnya.

Kayu yang halus dan elemen semen unfinished akan menjadi komponen utama untuk desain interior tahun ini, sejalan dengan penggunaan ubin atau meja berpola rumit yang tumbuh dan menjadi populer. 

BACA: Trik Murah dan Cepat Renovasi Dapur

Nah, jika Anda suka dengan gaya interior didominasi warna alam, coba buat rumah lebih "hidup" dengan backsplash atau meja geometris. Kombinasi warna ala tahun 1920-an pun diprediksi akan menjadi tren lagi.

"Untuk itu, sebaiknya Anda bersiap-siap menerima gelombang tahun 1920-an ini," tambah Daniel.

2. Bahan Natural