Bikin Langsing dan Cegah Jerawat, Ini 3 Manfaat Hipnoterapi Untuk Kesehatan

By nova.id, Sabtu, 16 Januari 2016 | 04:15 WIB
Kenali 3 manfaat hipnoterapi untuk kesehatan (nova.id)

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui soal manfaat hipnoterapi untuk kesehatan. Ya, hipnoterapi adalah jenis terapi komplementer yang menggunakan hipnosis atau metode mengubah kesadaran seseorang.

Sekarang ini, hipnoterapi disebut-sebut sebagai pengobatan alternatif yang banyak dipilih masyarakat untuk mengatasi berbagai keluhan yang dianggap tidak bisa dipecahkan oleh jalur medis atau kedokteran.

Baca: Benarkah Terapi Stem Cell Bisa Membuat Awet Muda?

Meskipun, tak bisa ditampik walau kehadiran hipnoterapi masih dipandang sebelah mata. Namun, sebagian ahli melihat hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau bergantung pada efek plasebo.

Baca: Sejatinya, Terapi Stem Cell untuk Menangani Penyakit Degeneratif

Seberapa besar manfaat keberhasilan pengobatan hipnoterapi untuk kesehatan? Beberapa studi telah menunjukkan jika hipnoterapi dapat membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome atau IBS, contohnya sakit perut. Walau temuan ini belum menjadi bukti yang kuat, National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris tetap mengakui hipnoterapi sebagai pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita IBS yang belum merespon  pengobatan lain.

Baca: Terapi Paliatif untuk Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui 3 manfaat hipnoterapi untuk kesehatan dan kecantikan kulit: