Ngidam PICA, Saat Ibu Hamil Ngidam Makanan Aneh Seperti Abu Rokok atau Pasta Gigi

By , Selasa, 26 Januari 2016 | 05:35 WIB
PICA, kondisi saat ibu hamil ngidam makanan aneh. (Nova)

Nutrisi ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan. Namun pada kasus tertentu yang memang tak sering, ada ibu hamil yang ngidam makanan aneh dan berbahaya. Sebutlah ibu hamil ngidam makan abu rokok, pasta gigi, baking soda, dan lainnya. Harus bagaimana dalam menghadapi ini?

Saat hamil, memang tak jarang perempuan menginginkan konsumsi makanan tertentu. Ada perempuan hamil yang menambah konsumsi makanan seperti acar, es krim, cokelat, daging, atau lainnya. Ini adalah fenomena yang lumrah terjadi dan tak menjadi masalah. Pasalnya, kandungan di makanan tersebut membuat ibu hamil mendapat cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

Namun faktanya, ibu hamil juga bisa ngidam makanan-makanan aneh yang bahkan sebenarnya benda tersebut bukan dikategorikan sebagai makanan.

BACA: Hubungan Ngidam dengan Kebutuhan Gizi

Pada beberapa kasus, ibu hamil ngidam beberapa zat yang tidak bisa dimakan dan mungkin berbahaya. Ngidam aneh untuk beberapa zat yang bukan termasuk makanan dan tidak memiliki nilai gizi, disebut Pica. Demikian seperti dirilis Boldsky.

Selama kehamilan, ibu hamil bisa mengalami pica alias ngidam aneh untuk produk yang sebenarnya tak bisa dimakan dan berbahaya. Ibu hamil dengan pica bisa ngidam lumpur, batu bara, bensin, abu rokok, pasta gigi, pecahan genteng, arang, atau hal berbahaya lainnya seperti deterjen!

Kata "pica" berasal dari kata Latin yang berarti burung murai. Burung murai ini termasuk pemakan hampir apa saja. Pica ini sebenarnya jenis ngidam yang sering terjadi pada anak-anak sebelum ia bisa membedakan benda yang bisa dimakan atau tidak. Namun, pica juga banyak terjadi pada ibu hamil.

Apa Penyebab Ngidam Pica Selama Kehamilan?

Banyak yang mempertanyakan, kenapa seseorang mengalami ngidam pica selama kehamilan? Kenapa saat hamil ia ngidam makanan benda aneh dan bahaya?

BACA: Benarkah Ngidam Cuma Mitos?

Sebuah studi menunjukkan, ngidam pica saat hamil dapat dihubungkan dengan kekurangan zat besi pada ibu hamil. Ngidam pica adalah upaya pertahanan tubuh untuk mendapatkan vitamin atau mineral yang hilang melalui konsumsi makanan normal.

Bagaimana Risiko Ngidam Pica untuk Bayi?

Produk bukan makanan yang ini tentu sangat berbahaya bagi ibu dan bayi. Pasalnya, ngidam pica yang dituruti dapat mencegah penyerapan vitamin dan mineral dari makanan ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan kekurangan gizi. Zat non-makanan ini juga beracun bagi wanita hamil dan bayinya.

Lantas, harus bagaimana bila ibu hamil ngidam makanan aneh atau mengalami ngidam pica?