5 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

By nova.id, Jumat, 2 Juni 2017 | 03:30 WIB
Makanan yang jangan dimasukkan ke microwave (nova.id)

Memanaskan makanan dan minuman dengan microwave memang lebih praktis. Namun, Anda harus hati-hati karena ada bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave.

Apa saja jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave? Berikut seperti dirilis womansday:

1. Air Jangan menghangatkan air dingin dalam microwave. Cara ini hanya akan membuat air menjadi superpanas dan membuat lidah Anda melepuh. Oleh karena itu, jika ingin menghangatkan air, gunakan ketel dan panaskan dengan kompor saja.

2. Daging beku

Mencairkan daging beku di dalam microwave hanya akan berakhir bencana. Pasalnya, bagian pinggir daging akan mencair, tetapi bagian tengahnya akan tetap beku, atau setidaknya membutuhkan waktu yang sangat lama.

Nah, kondisi daging yang tidak mencair secara merata, dapat mengundang bakteri untuk tumbuh dalam daging. Jadi, cara terbaik adalah letakkan daging di dalam wadah di luar kulkas selama satu malam.

BACA: 5 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

3. Buah dingin dari dalam kulkas

Konon, anggur bisa meledak, apel bisa meletus, dan kismis bisa melepuh bila dalam keadaan dingin dimasukkan ke microwave. Belum tahu bagaimana kebenarannya, tapi buah-buahan yang dimasukkan ke microwave jelas akan kehilangan kesegarannnya. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menghangatkan buah dalam microwave.

4. Makanan dalam pembungkus kertas

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), pembungkus kertas (paper bag) bisa terbakar ketika ikut dipanaskan dalam microwave.

5. Cabai

Sebenarnya, cabai yang dipanaskan dalam microwave tidak akan berakhir petaka. Namun, ketika Anda membuka microwave setelah memanaskan cabai, maka mata dan tenggorokan Anda akan terasa panas dalam sekejap karena udara yang menyeruak keluar mengenai mata dan leher.

Sumber: Kompas Female