4 Gejala Kanker Tulang yang Sulit Dideteksi

By nova.id, Jumat, 5 Februari 2016 | 03:15 WIB
4 Gejala Kanker Tulang yang Penyakitnya Sulit Dideteksi (nova.id)

Kanker memang menjadi penyakit serius yang mengkhawatirkan siapa saja. Itulah mengapa gejala kanker seperti serviks, payudara dan kulit begitu diperhatikan para perempuan. Namun, tidak ada tes khusus yang bisa dilakukan untuk mendeteksi gejala kanker tulang sejak dini.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui 4 gejala kanker tulang yang dapat mengancam siapa saja dan kapan saja. Dipaparkan olah para pakar, berikut ciri-ciri penting mengenali gejala kanker tulang:

Baca: Nyeri Tulang Belakang Tak Selalu Harus Operasi

Rasa sakit Rasa nyeri adalah tanda paling umum dari kanker tulang yang dilaporkan oleh pasien. Rasa sakit memang tidak terus-menerus pada awalnya. Dapat datang dan pergi. Ini bisa menjadi buruk ketika malam hari atau saat tulang digunakan.

Contohnya, rasa sakit di kaki ketika berjalan atau nyeri pada lengan saat mengangkat benda berat. Kedua hal itu dapat menjadi tanda dari kanker tulang. Rasa sakit akan menjadi sering bila kanker tumbuh.

Baca: Mengenal Chiropractic, Penyakit Hilang Berkat "Pijatan"

Pembengkakan Tanda kanker tulang lainnya adalah pembengkakan di daerah yang terasa nyeri. Khususnya jika kanker terletak di dekat bagian yang terasa nyeri. Bisa juga terdapat benjolan di lokasi tersebut. Sayangnya tanda kanker tulang ini tidak mungkin muncu sebelum kanker  mulai tumbuh.

Baca: Waspada! Jarak Kehamilan Kurang dari 1 Tahun Berisiko Osteoporosis

Patah tulang Meskipun jarang, tumor pada tulang dapat menggerogoti tulang hingga menjadi begitu lemah dan rusak. Patah tulang itu dapat terjadi ketika kita sedang berdiri, berlutut, bahkan berguling di tempat tidur. Sering kali orang yang menderita patah tulang  karena kanker, mengalami sakit yang tiba-tiba dan parah di daerah yang patah atau retak.

Baca: 6 Gerakan Latihan Menjaga Kesehatan Tulang untuk Cegah Osteoporosis

Tanda lainnya Turunnya berat badan, kelelahan, deman, dan anemia juga dapat dikatakan sebagai gejala kanker tulang. Banyak tanda kanker tulang yang  mungkin ditandai dengan kondisi kesehatan lainnya. Contohnya, arthritis yang dapat menyebabkan pembekakan sendi.

Saran terbaik ialah mengenali perubahan kondisi dalam diri, kemudian langsung berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk pengobatan kanker tulang sedari dini.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Everydayhealth