Kebiasaan Baca Buku Bikin Otak Balita Jadi Cerdas

By nova.id, Rabu, 10 Februari 2016 | 08:00 WIB
Kebiasaan Baca Buku Bikin Otak Balita Jadi Cerdas (nova.id)

Begitu banyak manfaat membaca buku bagi kecerdasan otak dan pengetahuan. Tidak hanya menjadi jendela dunia, ternyata sebuah studi menunjukkan jika kebiasaan membacakan buku bikin otak balita jadi cerdas. Dengan kata lain, perkembangan jaringan fungsi otak akan lebih meningkat jika anak sering membaca buku sedari dini.

Temuan ini didapatkan setelah adanya perbedaan signifikan perihal perilaku dan prestasi akademik pada anak-anak yang rutin dibacakan buku sejak balita oleh orangtua mereka dibanding dengan yang tidak atau pasif.

Studi pendukung lainnya diterbitkan pada hari senin lalu dalam Jurnal Pediatrics tentang perbedaan aktivitas otak anak dengan kebiasaan membaca atau dibacakan buku sejak di usia balita.

Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai 5 tahun yang mendengarkan orangtua mereka membacakan buku scan otak yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI).

Lalu, orangtua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membaca untuk anak-anak mereka serta seberapa sering melakukan komunikasi.

Baca: 5 Langkah Sederhana Deteksi Kecerdasan Anak

Para peneliti melihat bahwa, ketika anak-anak sedang mendengarkan orangtua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti dari kata-kata, konsep dan juga memori. Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca.

Studi ini menunjukkan, bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda, kata Tzipi Horowitz-Kraus, direktur program dari Reading and Literacy Discovery Center di Cincinnati Children's Hospital.

Horowitz-Kraus adalah salah satu penulis studi yang dipimpin oleh Dr. John S. Hutton, dokter anak di rumah sakit yang sama. Yang lebih menarik, menurut Horowitz-Kraus, adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih tinggi pada anak-anak yang orang tuanya gemar membaca.

Baca: Langkah Orangtua Agar Anak Cerdas dan Berkarakter

"Semakin banyak Anda membaca untuk anak Anda semakin Anda membantu neuron di daerah ini untuk tumbuh yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca," katanya.

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa orangtua mulai membaca dengan suara keras kepada anak-anak mereka dari saat mereka lahir.