Menyiapkan Dana Liburan Keluarga

By nova.id, Kamis, 27 April 2017 | 12:30 WIB
Tips agar anak sehat saat liburan! (nova.id)

Tanya:

Halo Mbak Teja yang baik. Saya ibu dari dua orang anak. Tahun ini anak sulung saya genap berusia 10 tahun, dan saya ingin memberikan hadiah kejutan saat ulang tahunnya yang ke 10 di akhir tahun nanti.

Nah, berhubung hadiah kejutannya adalah mengajak berlibur sekeluarga (4 orang) ke Bali seperti impian anak saya itu, saya harus menabung dari sekarang. Boleh dong Mbak saya dikasih diberi tips untuk menyiapkan dana liburan ke Bali? Dari pos mana saya harus menyisihkan dana liburan?

Sekadar info, saya memiliki online shop dengan rata-rata keuntungan sebulan Rp 2,5 juta, sedangkan suami bekerja dengan penghasilan Rp 6 juta per bulan. Untuk uang sekolah dan les dua anak Rp 2 juta, cicilan rumah Rp 2 juta, sisanya buat hidup sehari-hari. Jujur saya belum punya tabungan, Mbak. Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

Jawab:

Senang sekali bisa merencanakan liburan untuk sekeluarga ke Bali. Pasti hadiah ini menjadi hadiah yang tidak terlupakan bagi anak Ibu. Apa saja yang harus kita persiapkan saat menyiapkan dana liburan keluarga? Berikut langkah-langkahnya

  1. Hitung Biaya liburan.

Saat kita merencanakan pergi berlibur, maka hal utama dalam menyiapkan dana liburan keluarga adalah biayanya. Jadi, inilah yang harus kita hitung dari sekarang. Coba kita buat budget liburannya ya, kira-kira apa saja yang akan dihitung:

Cobalah cari alternatif yang murah, tapi cukup nyaman buat anak-anak. Ada begitu banyak alternatif yang tersedia dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Begitu kita selesai menghitung total kebutuhan biayanya, maka kita bisa masuk ke langkah berikutnya.

BACA: 10 Tips Liburan Menyenangkan Bersama Keluarga

  1. Mulai menabung.

Inilah waktunya kita mulai menabung untuk menyiapkan dana liburan keluarga. Kalau kita mempersiapkan biaya rekreasi dari penghasilan bulanan, maka bagilah seluruh total biaya dengan lamanya waktu yang tersisa. Misalnya, kebutuhan seluruh biaya sebesar Rp. 15 juta, dalam waktu 10 bulan lagi. Maka kita harus menabung sebesar Rp. 1,5 juta per bulannya.

Jumlah Biaya: Rp. 15 juta

Lama menabung: 10 bulan