Cegah Galau dan Depresi dengan Menyanyi, Ini Penjelasannya!

By nova.id, Selasa, 1 Maret 2016 | 08:00 WIB
Cegah Galau dan Depresi dengan Menyanyi, Ini Penjelasannya! (nova.id)

Bila sebatang cokelat diklaim dapat membantu Anda mengatasi mood atau suasana hati yang buruk dan perasaan sedih. Maka, menurut sebuah penelitian, menyanyi juga bermanfaat mencegah depresi dan kesepian.

Mengapa manfaat menyanyi bisa mengurangi tingkat depresi?

Sebuah studi terbaru mencoba mengaitkan fungsi musik yang berevolusi sebagai alat hidup sosial. Maksudnya, musik atau kegiatan bernyanyi memiliki efek seperti obat penenang yang sempurna serta menenangkan saraf dan membangkitkan semangat.

Baca: 10 Fakta I-Doser, Aplikasi yang Disebut ‘Narkoba Digital’ Masa Kini

Ada anggapan jika oksitosin juga meningkatkan rasa kepercayaan dan ikatan emosional seseorang. Dengan kata lain, penyanyi mungkin saja memiliki kadar kortisol atau hormon stres lebih rendah. Sebab, bernyanyi dengan kelompok bersama-sama dianggap sebagai sebuah meditasi yang meningkatkan kadar kesenangan hati.

Berbagai studi telah menemukan bahwa bernyanyi mengurangi kecemasan dan memberikan kontribusi untuk kualitas hidup.

Baca: Bermain Musik Membantu Pemulihan Penyakit Stroke

Dr. Julene K. Johnson, seorang peneliti yang telah fokus pada penyanyi yang lebih tua, baru-baru ini meneliti kelompok bernyanyi sebagai metode untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang dewasa yang lebih tua.

Menariknya, suara yang dihasilkan oleh instrumen vokal tidak terlalu bagus atau biasa-biasa saja pun dapat menjadi terapi menenangkan diri dan mengembalikan mood yang tidak baik. Selamat mencoba!

Baca: 8 Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Okke Nuraini Oscar/intisari-online.com Sumber: TIME