3 Rahasia Sukses Membuat Mac And Cheese

By , Kamis, 3 Maret 2016 | 07:47 WIB
Mac and Cheese (Nova)

Mac and cheese memang sajian yang menggoda lidah. Tapi, meski resep membuat mac and cheese terlihat mudah, faktanya sering kali orang gagal membuat hidangan khas Italia ini.

Sarah Humphreys and Sarah Karnasiewicz dari Real Simple membagi rahasia sukses membuat Mac and Cheese yang pasti disukai semua anggota keluarga.

1. Memilih pasta

Makaroni adalah bahan dasar hidangan ini, mka sangat disarankan Anda memilih pasta terbaik. Pasta yang memiliki banyak sudut dan celah, seperti jenis pasta shells (kerang), mini penne, dan corkscrew, bisa memberikan Anda rasa keju yang menyerap di setiap gigitan.

Bila Anda akan memanggangnya di oven, masukan pasta dan tiriskan ketika kondisinya masih sedikit kenyal.

BACA: Ini 20 Jenis Pasta yang Wajib Anda Ketahui

2. Tambahkan roux

Roux adalah campuran tepung dan lemak yang dimasak bersama. Anda bisa membuat roux dengan menggunakan tetesan lemak, mentega, margarin, atau jenis lemak lainnya untuk membuatnya. Roux biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk pengental.

Nah, saat membuat Mac and Cheese, sebaiknya Anda menambahkan roux untuk meningkatkan tekstur hidangan dan memastikan hasil akhirnya tidak beku.

Untuk mulai membuatnya, ambil tepung dan mentega dengan takaran sama, masak dalam panci di atas api sedang sampai berbentuk pasta. Kocok dalam susu hangat sampai menciptakan saus krim, kemudian aduk dalam potongan keju hingga halus.

BACA: Kuasai Cara Membuat Poached Egg Sempurna 3. Gunakan berbagai keju

Bisa jadi, anak Anda tak terlalu menyukai keju dengan rasa yang menyengat. Untuk memastikan rasa yang tidak terlalu kuat untuk anak-anak, pilih keju yang rata-rata disukai semua orang.

Rahasia praktisnya, Anda disarankan mencampur dua jenis keju, yang tajam dan yang berbentuk krim. Misalnya menggabung sharp cheddar dengan jack atau mencampur gruyere dan Parmesan.

Coba kombinasikan keduanya hingga mendapat takaran yang pas.