Hidup Lebih Terencana Berkat Kontrasepsi Jangka Panjang

By nova.id, Senin, 28 Maret 2016 | 03:15 WIB
Kontrasepsi jangka panjang membuat rencana hidup berjalan lancar. (nova.id)

Ingin traveling bersama keluarga, meniti karier yang lebih baik di tempat bekerja, memiliki bisnis yang sukses, atau menyekolahkan anak di sekolah idaman? Impian-impian tersebut bisa Anda raih jika hidup lebih terencana.

Danika girang, tahun depan putranya masuk sekolah. Sudah lama Danika ancang-ancang untuk memasukkan putranya ke sekolah favorit. Biaya tentu tak sedikit, tapi ia dan suami sudah menyiapkan jauh-jauh hari. Sampai sebuah kabar mengejutkan datang.

Danika diketahui positif hamil.

Kabar yang seharusnya menyenangkan, tapi Danika justru frustasi sebab menambah anak berarti ia harus melakukan penyesuaian, misalnya dari segi keuangan. Impiannya menyekolahkan anak di sekolah favorit pun harus ia kesampingkan.

Lain cerita dengan Sara. Sejak lama ia berencana liburan bersama suami dan anak semata wayangnya ke Singapura. Tiket pesawat dan hotel pun sudah dipesan. Tinggal dua minggu berangkat, ternyata Sara positif hamil dan mengalami morning sickness yang cukup parah. Apa daya, mimpi berlibur pun harus dibatalkan.

Ya, dalam hidup, setiap orang pasti memiliki keinginan atau impian. Banyak cara untuk mewujudkan impian-impian tersebut, namun apa jadinya jika kenyataan berkata lain seperti yang dialami Danika dan Sara tadi?

Untuk itu diperlukan perencanaan matang dalam hidup, termasuk soal kapan memiliki atau menambah momongan. Salah satu solusi mudah merencanakan kehamilan adalah dengan menggunakan kontrasepsi jangka panjang.

Kontrasepsi IUD

Salah satu jenis kontrasepsi jangka panjang yang populer adalah IUD (Intra Uterine Device) yang terbuat dari plastik lentur dan diletakkan pada rongga rahim.

Fungsinya kontrasepsi IUD adalah mencegah pelepasan sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan. Selain itu, mengurangi mobilitas sperma agar tidak dapat membuahi sel telur, serta mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim.

Biasanya IUD memiliki masa pakai yang panjang dan bervariasi tergantung kebutuhan pemakai, yaitu 3 hingga 10 tahun. Untuk keamanan, pemasangan IUD harus dilakukan oleh dokter atau tenaga medis yang terlatih sesuai dengan prosedur.

IUD kapan saja bisa dipasang, tidak harus sedang haid asalkan Anda tidak sedang hamil.