Posisi Tidur Ibu Hamil yang Baik untuk Kurangi Sakit Punggung

By , Kamis, 24 Maret 2016 | 07:42 WIB
Posisi tidur ibu hamil (Nova)

Banyak hal berubah selama Anda hamil. Ada hal yang menyenangkan, seperti kulit lebih bercahaya dan nyeri haid hilang, namun ada juga yang sedikit tak mengenakan, yaitu ketika tidur.

Saat kehamilan kian membesar, tidur memang menjadi kurang nyaman. Banyak yang bingung bagaimana idealnya posisi tidur untuk ibu hamil.

Pasalnya, ibu hamil sering merasa sakit punggung ketika tidur. Ditambah, keinginan buang air kecil saat sedang tidur pun membuat ibu hamil tak jarang harus bangun setiap 20 menit sekali.

BACA: Apa Saja yang terjadi pada 9 Bulan Penuh Kejutan?

Perlu diketahui, posisi tidur untuk ibu hamil memang sangat menentukan kenyamanan ibu dan bayi. Lantas, bagaimana posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil?

Seperti dirilis Diply, posisi tidur untuk ibu hamil biasa disebut SOS, yang artinya Sleep On Side alias tidur menyamping. Namun, bukan sembarang menyamping, lo. Ibu hamil disarankan tidur dengan lutut ditekuk ke sisi kiri mereka.

Untuk memberikan beberapa sanggaan beban, tempatkan bantal di antara kaki, di bawah perut, dan di punggung Anda. Tidur dengan diganjal bantal akan membuat ibu hamil nyaman dan mencegah terguling di malam hari.

Posisi tidur ibu hamil (Nova)

Manfaat Tidur Menyamping Saat Hamil

Tidur menyamping dengan sanggaan bantal di antara kaki sangat baik bagi ibu hamil karena bisa mengurangi sakit punggung yang sering dikeluhkan. Hal ini karena posisi tersebut membuat tulang belakang senantiasa lurus.

BACA: 10 Hal Menyebalkan di Trimester Ketiga

Memilih menghadap kiri dengan sisi kanan berada di atas sisi kiri juga memiliki manfaat tertentu. Pasalnya, hati Anda terletak di sisi kanan dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan di dalam rahim. Tidur di sisi kiri juga akan meningkatkan darah dan nutrisi yang bepergian ke plasenta dan bayi.

Lantas, bagaimana posisi tidur ibu hamil yang ideal dan nyaman ketika ia mengalami heartburn?