Tips Makan Sehat di Tempat Kerja Saat Jadwal Padat

By nova.id, Rabu, 6 April 2016 | 07:30 WIB
Tips Makan Sehat di Tempat Kerja Saat Jadwal Padat (nova.id)

Jadwal kerja yang padat kerap menjadi penyebab mengapa banyak pekerja kantoran mudah terserang penyakit. Selain jadwal istirahat yang dianggap kurang, tingkat stres dan pola makan yang buruk adalah faktor lainnya.

Saking sibuknya, banyak pekerja kantoran akhirnya memutuskan membeli makanan atau jajanan di luar yang bisa rentan tidak higienis sekaligus tidak sehat.

Nah, agar Anda terhindar dari kondisi di atas, ada baiknya mencoba tips menyiapkan makan sehat di tempat kerja saat jadwal padat, seperti yang dilansir oleh magforwomen.

Baca: Rumus 4J untuk Penuhi Pola Makan Sehat

Camilan sehat Cuci dan kukus sayuran mentah atau buah-buahan semisal apel, tomat, mentimun, wortel, bawang merah, paprika dan lainnya. Beri tambahan mayones sebagai dressing atau topping untuk camilan sehat.

Makanan lezat bergizi Tidak ada alasan untuk repot menyiapkan menu makan siang di kantor. Bawa daging fillet ayam atau ikan yang diberi kecap atau saos sambal serta mayones untuk dipanggang menggunakan alat sederhana selama 8 menit. Tambahkan selada atau brokoli segar sebagai penambah serat.

Baca: 3 Aturan Sarapan Sehat untuk Tubuh Langsing dan Ideal

Susu segar Penuhi kebutuhan kalsium dan protein dengan mengonsumsi susu segar yang praktis dibawa ke kantor. Kini, sudah banyak label produsen susu yang menghadirkan produk susu segar di pusat perbelanjaan.

Cukupi kebutuhan cairan dan mineral Agar tidak mudah dehidrasi, sediakan selalu air mineral yang diberi irisan buah lemon segar untuk mencukupi asupan air dalam tubuh.

Hindari mengonsumsi makanan di meja kerja Orang yang bekerja di belakang meja cenderung malas bergerak, termasuk untuk menikmati makanannya. Selain itu, makan di meja kerja akan membuat kita sulit mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi, karena fokus otak terbagi ke pekerjaan.

Baca: Cegah Risiko Kanker Sejak Dini dengan Pola Makan Sehat

Makanan di meja kerja rentan terkena bakteri Meja kerja di kantor rentan menyimpan bakteri, debu dan kotoran. Orang yang makan di meja kerja biasanya menunda waktu makan lebih lama dari biasanya. Kebiasaan ini akan berakibat pada penurunan suhu makanan sehingga menjadikan bakteri mudah berkembang.

Terpenting dalam tips makan sehat di tempat kerja saat jadwal padat ialah dengan memerhatikan kebersihan meja dan lingkungan sekitar. Lebih baik menyiapkan menu bekal siang atau camilan sendiri ketimbang membelinya. Kurangi kebiasan mengemil makanan ringan atau minuman manis dan ganti dengan camilan buah dan sayur segar yang kaya nutrisi.

Baca: Rahasia Pola Makan Sehat Berkalori Rendah untuk Tubuh Langsing

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen