Tren Diet Paleo Untuk Tubuh Langsing Sehat Pasca Menopause

By , Senin, 11 April 2016 | 07:30 WIB
Jenis asupan makanan saat menjalani pola diet Paleo. (Nova)

Tren diet Paleo sebenarnya sudah muncul di sekitar akhir tahun 2015 lalu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Swedia, tren diet Paleo ialah membatasi konsumsi makanan berkolesterol yang mana berdampak pada risiko penyakit pada perempuan sesudah masa menopause.

Dilansir oleh WebMD dan HealthDay News, tren diet Paleo diklaim mampu membantu perempuan di usia lanjut untuk menurunkan berat badan serta mencegah penyakit diabetes dan jantung.

Tak hanya itu saja, perempuan yang menjalani tren diet paleo disinyalir juga merasakan keuntungan memiliki ukuran pinggang lebih ramping. Pasalnya, diet paleo sangat membatasi konsumsi makanan berkalori yang banyak menyebabkan kenaikan berat badan serta obesitas.

Baca: Tak Kunjung Langsing, Ketahui 5 Kesalahan Fatal Saat Menjalani Diet

“Hasil studi mengindikasikan bahwa diet Paleo sangat efektif dalam mencegah obesitas. Masalah obesitas erat kaitannya dengan masalah keseimbangan metabolisme dan hormon yang bisa aja berung pada penyakit berisiko lainnya,” jelas pemimpin penelitian, Caroline Blomquist, mahasiswa kedokteran di Umea University di Swedia.

Seperti yang dipaparkan oleh Mayo Clinic, diet Paleo adalah diet yang mengatur pola makan seperti zaman primitif di periode Paleolitikum pada 2,5 juta tahun lalu. Sehingga asupan makanan untuk diet paleo hanya jenis yang sehat dan bebas bahan pengawet seperti ikan dan daging mentah, buah-buahan segar, sayuran, kacang dan biji-bijian. Selain itu, diet paleo juga menghindari jenis makanan seperti nasi, ketan, gandum, maupun kentang.

Baca: Lengkap! Plus Minus 7 Jenis Diet Terbaik untuk Tubuh Langsing

Dalam studi tersebut, penelitian mengikutsertakan 35 orang perempuan yang sudah mengalami menopause yang mana menginginkan kadar gula darah normal dengan terapi diet paleo selama 2 tahun lamanya.

Ke-35 perempuan tersebut diatur konsumsi makanannya dengan kompisisi 30 persen makanan mengandung protein murni, 30 persen karbohidrat serta 40 persen lemak baik bersifat tak jenuh.

Baca: Ini 5 Tren Diet Terpopuler Tahun 2016 Menurut Ahli Gizi

Adapun jenis makanan yang digunakan dalam diet paleo terdiri dari daging dan ikan mentah, telur, sayuran dan buah segar, kacang-kacangan, buah beri, minyak zaitun dan avokad. Para peserta juga diwajibkan menghindari makanan olahan kemasan seperti sereal, garam, MSG, gula, dan lainnya.

Sumber: WebMD