7 Perubahan Awal Perempuan Jelang Menopause

By nova.id, Minggu, 1 Mei 2016 | 03:30 WIB
7 Perubahan Awal Perempuan Jelang Menopause (nova.id)

Setiap perempuan akan menghadapi masa menopause. Seiring pertambahan usia, perubahan fisik pun akan terjadi pada perempuan. Menopause biasanya juga diikuti perubahan psikologis yang cenderung lebih emosional di momen awalnya.

Jadi sebelum Anda merasa kaget dengan yang terjadi pada diri Anda. Berikut 7 perubahan awal perempuan jelang menopause:

Baca: Agar Tak Tergoncang, 10 Hal tentang Menopause Ini Wajib Diketahui Sejak Dini

Perubahan pola periode menstruasi Mungkin ada perubahan yang terjadi pada pola periode menstruasi. Mendekati masa menopause, periode menstruasi bisa berat atau ringan, dan periode bisa juga tidak teratur. Banyak perempuan yang mengalami tidak menstruasi dalam beberapa periode.

Perubahan perilaku Seorang perempuan cenderung lebih merasa cepat marah atau kesal setelah usiannya empat puluh tahun. Ini juga mungkin karena menopause. Perubahan perilaku dan emosi karena awal menopause perempuan merasa tertekan.

Baca: Tren Diet Paleo Untuk Tubuh Langsing Sehat Pasca Menopause

Perubahan fisik Menopause juga menyebabkan perubahan fisik, termasuk pada kulit dan mulut kering. Sebagian perempuan juga mengalami mata kering dan kekeringan pada vagina adalah tanda besar dari menopause.

Menurunnya dorongan seksual Perempuan yang akan mengalami menopause akan merasakan hilangnya minat untuk berhubungan seksual dengan pasangannya. Kebanyakan perempuan mengalami ini dan mereka lebih ingin menghabiskan waktu sendirian jika mengalami tanda ini.

Baca: Mengungkap 5 Penyebab Perempuan Lebih Cepat Menopause Dini

Sulit tidur dan cemas Sulit tidur atau insomnia juga menjadi tanda awal menopause pada perempuan. Sebagian perempuan juga akan lebih sering merasa cemas serta gugup tanpa alasan.

Sensasi panas pada tubuh Perempuan yang akan menopause juga sebagian mengeluh tentang tubuhnya yang mendapatkan sensasi panas. Hal ini kemudian dapat menyebabkan serangan kepanikan pula. Namun, tanda ini paling jarang terjadi.

Infeksi saluran kemih Meski bukan tanda yang umum, namun banyak perempuan yang mengeluh tentang masalah ini menjelang akan menopause.

Dengan mengetahui 7 tanda awal menopause, paling tidak akan membuat perempuan lebih siap mental dalam menghadapinya.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen