Melahirkan di Bus Transjakarta, Siti Ditolong Lelaki Setengah Baya

By nova.id, Senin, 2 Mei 2016 | 05:18 WIB
Seorang bayi berhasil dilahirkan dengan selamat di sebuah bus Transjakarta (nova.id)

Ruang 015 Lantai 3 RS Sumber Waras tampak sepi, Minggu (1/5/2016) sore. Ruangan yang menampung tiga ranjang yang disekat gorden berwarna pink itu terisi semua. Namun tidak ada keramaian di sana, sepi, khas rumah sakit.

Wangi bedak bayi tercium dengan jelas. Di Ranjang B02, Siti Mariana (33) tergeletak lemas. Jarum infus tertusuk di tangan kirinya. Saat itu ia tengah sendiri, tidak seperti dua pasien lain yang ditunggu oleh sanak keluarga.

"Bapaknya lagi pulang ke rumah, ambil baju tadi sebelum magrib," kata Mariana memulai pembicaraan dengan Warta Kota saat ditanya ke mana sang suami, Sigit Hendriyanto (37).

Mariana mengatakan, Sigit baru sempat pulang ke rumah untuk mengambil baju ganti, setelah sedari siang menemaninya saat melahirkan di dalam bus Transjakarta Koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit.

Ya, Siti Mariana melahirkan seorang bayi laki-laki di dalam bus Transjakarta, Minggu (1/5) siang, bertepatan dengan Hari Buruh.

Siti menuturkan, kemarin ia dan suami naik bus Transjakarta, hendak pulang ke rumahnya di Kawasan Tambora, Jakarta Barat. Mereka usai menginap satu hari di rumah orangtua Sigit di Mampang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pelecehan Penumpang TransJakarta Baru Terhenti Setelah Kasir Memergoki

Menurut Siti, ia tidak ada firasat apapun terkait kehamilannya yang baru menginjak bulan ke delapan, apalagi tanda-tanda hendak melahirkan. "Gak ada tanda apa-apa, baru kerasa keras pas di depan Citraland (dekat Halte Grogol II)," ujarnya.

Saat merasakan keras di dalam perut, tidak begitu lama, hanya beberapa menit, menurut Siti, tiba-tiba air ketuban pecah dan berceceran di lantai bus Transjakarta. "Saya teriak, prosesnya cepet banget, gak sampe lama lah sampe bayinya keluar," kata dia.

Saat proses kelahiran, Siti ditolong oleh seorang lelaki setengah baya, namun sayangnya ia tidak mengetahui siapa nama bapak tersebut. Saat mengetahui Siti melahirkan, pengemudi bus Transjakarta Donny Arifin dan petugas on board Ibnu Banawi, segera membelokkan bus ke RS Sumber Waras. Dipilihnya RS itu, menurut Siti, adalah permintaan sang suami.

"Alhamdulillah, semuanya lancar. Terima kasih juga pak supir sigap banget langsung bawa ke rumah sakit," ujar Siti lagi.

Siti merasa beryukur, saat tiba di RS, dokter menyatakan kondisi siti dan bayinya dalam keadaan sehat.

Bintang Pradewo / Warta Kota