9 Barang yang Harus Dibawa Saat Liburan dengan Balita

By Ade Ryani HMK, Sabtu, 1 April 2017 | 06:45 WIB
Tips agar anak sehat saat liburan! (Ade Ryani HMK)

Dulu ketika Si Kecil baru lahir, pernah kah Anda merasa tak sabar untuk bisa berjalan-jalan dengannya? Entah berpergian di dalam atau luar negeri. Nah, jika usianya sudah di atas 2 tahun dan Anda mulai berani membawanya berpergian jauh.

Tapi, ada barang yang harus dibawa saat liburan dengan balita. Siapkan dari sekarang, jangan lupa siapkan barang bawaan berikut.

1. Tas atau koper?

Mungkin yang terbayang adalah bagaimana cara agar tak terlalu banyak bawaan? Tentu Anda tak mau dianggap seperti pulang kampung padahal hanya berlibur 2-3 hari ke luar kota. Nah, pertama tentukan dulu mau bawa tas atau koper atau justru keduanya. Misalnya, satu koper besar berisi keperluan Anda dan suami, dan sebagian diisi barang-barang anak.

Lalu satu tas ransel untuk diisi kebutuhan si kecil seperti susu, makanan, mainan, baju ganti, tisue basah yang digunakan selama di perjalanan. Untuk barang berharga, Anda dan suami juga bisa membawa tas kecil selempang yang praktis.

2. Stroller atau carrier

Membawa gendongan atau carrier memang lebih praktis. Apalagi jika usia dan bobot tubuh si anak masih tak seberapa berat. Namun, jika perjalanan Anda terbilang jauh atau mengunjungi banyak lokasi dengan transportasi seperti mrt, pilihan membawa Stroller bisa dipertimbangkan.

Pastikan saja Stroller tersebut nyaman untuk posisi duduk dan tidur, mudah dilipat, tidak makan tempat, dan fungsi roda maupun remnya maksimal. Tak punya Stroller? Tenang, Anda bisa kok sewa mingguan hingga bulanan. Cari di internet tempat penyewaan yang terpercaya dan dekat dengan tempat tinggal Anda.

BACA: Mengajarkan Makna Liburan Kepada Anak

3. Baju berapa banyak?

Selain pampers (jika masih pakai pampers) hitung hari Anda berlibur kemudian kalikan 3 pasang baju yang akan dibawa untuk si kecil. Selain baju ganti yang nyaman saat cuaca terik, tak ada yang tahu jika tiba-tiba Si Kecil menumpahkan minuman ke bajunya atau turun hujan tiba-tiba, bukan?

Jangan lupa juga bawa cadangan singlet, kaos kaki, serbet/lap, dan kantong plastik. Di luar itu, tentu saja Anda pun harus menyiapkan baju tidur yang nyaman. Kalau mau praktis bawa saja 1 celana tidur, atasannya bisa diganti jika anak mudah berkeringat saat terlelap.