Cegah Stres Hingga Kolesterol, Ini 5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan

By nova.id, Selasa, 10 Mei 2016 | 06:00 WIB
Cegah Stres Hingga Kolesterol, Ini 5 Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan (nova.id)

Banyak masyarakat masih berasumsi jika bagian kuning telur lebih baik bagi tubuh dibandingkan putih telur. Ternyata, masing-masing bagian isi telur tersebut memiliki khasiat positifnya untuk kesehatan.

Mengapa Anda harus rutin mengonsumsi putih telur? Berikut 5 manfaat putih telur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Baca: Telur Mentah Ternyata Tak Bermanfaat

  1. Putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, yang disebut albumen, dimana ini merupakan sumber energi. Makanan lain yang mengandung protein, seperti daging, harus dipecah oleh sistem pencernaan tubuh untuk diserap dan hanya sekitar 33% yang selesai mengalami proses pemecahan. Sedangkan putih telur memberikan manfaat alaminya 100%.
  2. Protein yang ditemukan dalam putih telur juga membantu dalam membangun serta memperkuat otot. Protein alami meningkatkan pasokan asam amino yang ideal dan lutein, yaitu karotenoid yang membantu mencegah degradasi otot terkait usia. Tak hanya itu, manfaat putih telur bagi kesehatan juga membatu memperkuat tulang dalam tubuh.

Baca: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Telur untuk Kecantikan!

  1. Putih telur rendah kalori dan juga membantu membakar lemak di dalam tubuh. Mengonsumsi putih telur di pagi hari juga akan membantu kita menjadi lebih energik sepanjang hari. Bagi Anda yang sedang diet, putih telur dapat menjadi pilihan asupan karena mereka kalori yang terkandung adalah sedikit.
  2. Putih telur juga tidak mengandung kolestrol, sehingga mengonsumsinya akan menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

Baca: Benarkah Hanya Boleh Makan Telur 3 Kali Seminggu?

  1. Kandungan protein, sulfur, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam putih telur dapat membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Selain itu, kesehatan kuku dan gigi juga akan meningkat serta kalium di dalam putih telur juga baik untuk sistem saraf, yang akan membantu mengatasi stres serta kecemasan.

Itu dia lima manfaat putih telur bagi kesehatan yang penting untuk Anda ketahui.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen