7 Hal Penting Tentang PCOS, Penyebab Utama Infertilitas Wanita

By nova.id, Minggu, 22 Mei 2016 | 03:00 WIB
Mengenal gejala, penyebab, dan pengobatan miom (nova.id)

Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah gangguan keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara berlebihan.

Masih banyak hal mengenai PCOS yang belum dipahami oleh para ahli: Para ahli tidak tahu persis apa penyebabnya, dan sebanyak 50% dari penderitanya tidak tahu bahwa mereka memiliki PCOS.

PCOS dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius, jadi penting untuk mengetahui gejala dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Disarikan dari Prevention, berikut adalah tujuh fakta-fakta kunci mengenai PCOS.

1. PCOS adalah kelainan hormonal.

Ovarium wanita menghasilkan sedikit hormon pria yang disebut androgen, tetapi wanita dengan SOPK memroduksinya terlalu banyak.

Walhasil, menstruasi jarang datang, wajah lebih berminyak dan rambut tumbuh secara berlebihan, terutama di tangan dan kaki.

BACA: 12 Tanda Hormon Tak Seimbang, Masih Normal atau Gejala Serius?

Androgen berlebih juga mengganggu ovulasi: Setiap siklus, folikel seharusnya membuka dan melepaskan telur yang matang. Pada wanita dengan PCOS, itu tidak terjadi. Sebaliknya, folikel saling melekat membentuk kista kecil.

2. Bukan kista.

PCOS adalah kumpulan pola gejala, dan kista hanya salah satunya. Dokter Anda dapat melihat kista ini saat USG, tapi hal ini kerap menjadi potongan terakhir dari teka-teki PCOS.

Lebih sering, dokter memulai pengujian dengan tes darah untuk mengukur kadar hormon dengan didahului keluhan seperti menstruasi yang tidak teratur, rambut tubuh berlebihan, dan jerawat.

3. Sulit Dideteksi