7 Tanda Penting Perempuan Mungkin Terserang Penyakit

By nova.id, Senin, 23 Mei 2016 | 06:45 WIB
7 Tanda Penting Perempuan Mungkin Terserang Penyakit (nova.id)

Gejala menjadi indikasi munculnya masalah dalam kesehatan tubuh kita. Sayangnya, banyak orang yang kerap mengabaikan 7 tanda penting perempuan mungkin terserang penyakit. Sehingga, proses penyembuhan pun menjadi sulit dilakukan karena tidak didahulu oleh sikap preventif untuk melihat 7 gejala penting perempuan mungkin sedang tidak sehat.

Dilansir oleh Magforwomen, inilah 7 tanda penting perempuan mungkin terserang penyakit yang harus Anda ketahui serta wajib tidak boleh Anda abaikan. Segera berkonsultasi ke dokter bila mengalami 7 gejala tubuh perempuan sedang tidak sehat di bawah ini:

Baca: 4 Gejala Kanker Serviks Serta Pencegahan dan Penanganannya

Kelelahan yang berlebih Perempuan yang sudah merasa tidur cukup dan baik, mengonsumsi makanan sehat, dan memiliki kebiasaan yang sehat pula, namun kelelahan tetap terasa, ini dapat menjadi tanda berbagai masalah kesehatan. Kelelahan yang berlebih bisa menunjukkan bahwa adanya ketidakseimbangan hormon, depresi, kekurangan vitamin, hingga penyakit jantung.

Baca: 10 Gejala Kanker yang Kerap Diabaikan

Sakit perut secara teratur Terlalu sering sakit perut dan secara konstan, dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit pula, seperti batu empedu, radang, sembelit, hingga penyakit serius seperti kanker usus besar.

Nyeri dada Nyeri dada pada perempuan tidak boleh dianggap sepele, karena ini dapat menjadi tanda umum dari penyakit jantung. Bentuk nyeri dada yang lainnya juga dapat meliputi rasa linu di sisi dada, sesak napas, ataupun rasa tidak nyaman di sekitar dada.

Baca: Bentuk Puting Payudara Bisa Menunjukkan Gejala Kanker

Munculnya bercak di kulit atau tahi lalat Kemunculan bercak pada kulit secara tiba-tiba, termasuk tahi lalat mungkin menjadi tanda awal dari melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit. Bahkan, bila memiliki tahi lalat sejak lahir, pantaulah perkembangannya karena jika mendadak mengalami perubahan, termasuk warna, bentuk, dan kuran, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Benjolan di dada Tentunya perempuan harus waspada bila mendapati adanya benjolan di sekitar dada, termasuk payudara. Ini dapat menjadi tanda dari kanker payudara. Sekecil apapun benjolan yang terasa, harus segera diperiksakan pada dokter untuk mendapatkan kepastian dan penanganan.

Baca: Waspadai 5 Gejala Sakit Berat pada Anak

Penurunan berat badan yang tidak menentu atau terlalu ekstrem Perempuan memang lebih rentan terhadap perubahan berat badan daripada laki-laki, namun ini tidak berarti penurunan berat badan yang ekstrim dapat diabaikan. Perubahan berat badan yang ekstrem dapat menjadi gejala dari gangguan makan, obesitas kronis, gangguan usus, atau anoreksia.

Nyeri sendi kronis Perempuan yang sering atau secara terus-menerus mengalami sakit pada sendi, ini dapat menjadi gejala dari robek otot atau bengkak pada ligamen, yang kemudian dapat menyebabkan penyakit lain, seperti radang sendi bahkan penyakit ginjal.

Monalisa Darwin D./intisari-online.com Sumber: Magforwomen