HelloSehat, Website Kesehatan Bersertifikasi Pertama di Indonesia

By , Sabtu, 4 Juni 2016 | 10:15 WIB
Ilustrasi konsultasi kesehatan online (Nova)

Kesehatan memang mahal harganya. Sedikit atau banyak, ini berdampak pada kebiasaan masyarakat ketika mengalami gejala tak biasa pada tubuh.

Di era digital yang membuat semua informasi (termasuk informasi kesehatan) lebih mudah diakses, kebiasaan masyarakat pun berubah. Akhirnya, alih-alih mengunjungi dokter, banyak masyarakat memilih menelusuri Google untuk mencari tahu keluhan penyakitnya. Lebih mudah dan tentu tak perlu membayar.

Sayangnya, informasi akurat dan terpercaya mengenai gejala, pengobatan, dan pencegahan gangguan kesehatan masih terbilang sulit dicari.

Padahal, salah mendiagnosis sinyal tubuh bisa berakibat fatal, lho. Salah pengenalan gejala, bahkan bila hingga salah penanganan, bisa bermembuat keluhan kesehatan semakin parah.

Itulah mungkin yang menjadi perhatian HelloSehat.com. Website kesehatan yang menjadi bagian dari Hello Health Group ini memiliki misi menyediakan informasi kesehatan terpercaya yang mudah diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Mengutamakan Akurasi

Untuk menjamin segala informasi di dalamnya akurat, HelloSehat.com menjadi website Indonesia pertama (dan satu-satunya) yang mendapat sertifikat HONCode.

HON atau Health On the Net adalah organisasi nonprofit yang didirikan di Jenewa, Swiss, tahun 1995 silam. Ketika itu, pakar-pakar medis dari 60 negara meresmikan organisasi ini.

Organisasi HON bertujuan untuk memastikan akurasi informasi yang dimuat di website-website kesehatan di seluruh dunia. Website kesehatan terkemuka seperti WebMD.com, MayoClinic.com, dan EverydayHealth.com, telah memiliki sertifikat dari HON yang disebut HONCode.

Sebelum sebuah website diberi HONCode, anggota HON yang terdiri pakar medis dari berbagai negara, memeriksa akurasi data dan sumber informasi yang digunakan di konten-konten tersebut. Itu pula proses yang dilakukan oleh HelloSehat.

Pertengahan April 2016 lalu, HelloSehat.com dianggap memenuhi syarat sebagai website kesehatan terpercaya dan berhak menerima sertifikasi HONCode sekaligus tercantum di dalam daftar website dengan Certificate of Compliance.

Cukup mudah mengenali website kesehatan yang sudah bersertifikasi ini karena umumnya keterangan ini terpampang di bagian bawah halaman depan website tersebut.