4 Tips Berpuasa untuk Penderita Mag

By nova.id, Sabtu, 27 Mei 2017 | 04:00 WIB
Kenali 7 Gejala Perut Alami Naiknya Asam Lambung (nova.id)

Telat makan menjadi pantangan bagi penderita mag. Namun, bagaimana di saat bulan puasa seperti ini? Apakah aman bagi seorang penderita mag untuk melakukan puasa?

Ternyata, ada banyak tip puasa untuk penderita mag yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya membuat puasa lebih sehat, tip ini juga akan membuat Anda jadi lebih nyaman.

Sebelumnya, Anda harus mengontrol terlebih dahulu kepada dokter apakah mag yang Anda derita bisa berpuasa atau tidak.

Ada beberapa jenis mag akut yang biasanya disebabkan oleh pendarahan lambung atau kondisi parah lainnya. Jika Anda mengalami mag tersebut, ada baiknya tidak berpuasa. Sementara untuk mag fungsional atau yang disebabkan oleh penderitanya yang tidak makan teratur, berpuasa justru baik. Dengan puasa, Anda akan punya jadwal makan yang lebih teratur.

BACA: Pengaturan Makan Saat Puasa untuk Diabetesi

Apa saja tips berpuasa untuk penderita mag?

1. Hindari Makanan Mengandung Gas

Anda harus menghindari makanan yang mengandung gas seperti makanan berlemak dan kol. Anda juga perlu menghindari soda yang juga mengandung gas. Gas akan mengganggu lambung sehingga Anda akan terganggu selama berpuasa.

2. Hindari Makanan yang Memicu Asam Lambung

Bila penderita mag berpuasa, sebaiknya hindari dulu kopi. Anda juga harus pintar memilih makanan berbuka dan sahur. Hindari makanan yang membutuhkan waktu lama dalam pencernaan atau membutuhkan kerja lebih banyak bagi lambung seperti keju. Ada pula makanan yang dapat merusak dinding lambung yakni cuka dan sesuatu yang pedas.

BACA: Hindari Penyebab Naiknya Asam Lambung Saat Puasa

3. Konsumsi Obat Lambung