Perjuangan 7 Selebritas Miliki Buah Hati: Proses Emosional Setelah Berkali Gagal

By nova.id, Sabtu, 8 April 2017 | 01:15 WIB
Perjuangan para selebritas miliki buah hati (nova.id)

Kesulitan mendapat keturunan atau masalah infertilitas masih menjadi masalah bagi jutaan pasangan di seluruh dunia, tak terkecuali para selebritas.

Penyebab ketidaksuburan sangat kompleks dan beragam. Saat ini teknik reproduksi berbantu (in vitro fertilization/IVF) yang mempertemukan sel sperma dan sel telur untuk dibuahi di laboratorium masih menjadi andalan para dokter untuk membantu pasangan yang sulit hamil. 

Bila pembuahan itu berhasil, maka embrio yang terbentuk akan dikembalikan ke rahim sehingga terjadi kehamilan. Angka keberhasilan IVF atau sering disebut bayi tabung sangat bervariasi, tergantung usia pasangan dan kondisi medis lainnya. 

Alasan para selebriti Hollywood berikut ini untuk mengikuti program bayi tabung atau meminjam rahim wanita lain (surrogate mother) mungkin berbeda-beda. Namun, hal yang menyatukan mereka adalah kedukaan akibat kegagalan ketika menjalani IVF, serta bagaimana mereka bangkit untuk memiliki buah hati.

Kisah perjuangan mereka mendapat buah hati dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang mungkin sedang memiliki perjuangan yang sama.

1. Hugh Jackman: "Keguguran adalah hal yang sulit, terlebih untuk pihak perempuan..."

Hugh Jackman dan istrinya, Deborra-Lee Furness, tahu bahwa suatu hari nanti mereka akan mengadopsi seorang anak. Tapi, mereka ingin memiliki anak biologis terlebih dahulu. Pasangan ini dua kali mencoba bayi tabung dan selalu berakhir dengan keguguran.

"Saat Anda menjalani IVF dan berhasil hamil, setiap hari rasanya selalu berdebar dan merasa apakah bisa mempertahankannya. Keguguran adalah hal yang menyedihkan. Ini sangat sulit, terlebih untuk pihak perempuan," katanya dalam wawancara dengan majalah Good Housekeeping di tahun 2013.

BACA: Perjuangan Miliki Buah Hati: "Terima Kasih Telah Mengandung Anakku Lewat Bayi Tabung..."

Mereka akhirnya memutuskan untuk mengadopsi bayi di Amerika Serikat, karena menurut hukum Australia, negara asal Jackman dan istri, pasangan dilarang melakukan adopsi dan menjalani program bayi tabung pada waktu bersamaan. 

2. John Legend: Perjuangan Berbuah Hasil

Penyanyi John Legend dan istrinya Chrissy Teigen sedang berbahagia dengan kelahiran putri pertamanya di bulan April 2016. Sebelum menjadi ayah, Teigen harus menjalani program bayi tabung untuk bisa hamil.