THR Selalu Kurang? Dahulukan Alokasi Ini Setelah THR Tiba

By nova.id, Senin, 12 Juni 2017 | 02:45 WIB
Pos yang harus disiapkan saat mengatur uang THR (nova.id)

Tanya:

Salam kenal Mbak Teja. Setiap Lebaran saya selalu kesulitan mengelola THR. Padahal saya selalu mendapat tambahan dana dari THR saya sendiri dan suami, karena kami sama-sama bekerja.

Tapi THR selalu saja kurang, sehingga setelah Lebaran tunggakan kartu kredit lumayan membikin pusing. Mbak, tolong beri saya saran dan solusi bagaimana caranya mengelola keuangan, termasuk THR, ketika Lebaran. Terima kasih sebelumnya.

Jawab:

Memang, selama bulan puasa pengeluaran kita biasanya akan selalu meningkat dibanding bulan-bulan biasanya. Selain keperluan makanan yang selalu menambahkan menu berbuka lebih banyak dari biasanya, harga harga kebutuhan makanan juga meningkat.

Di samping itu, pengeluaran untuk Lebaran bagi keluarga juga perlu pengeluaran ekstra. Dengan adanya THR, keuangan kita tentu saja sangat terbantu. Akan tetapi, justru terkadang pengeluaran kita jauh lebih tinggi dari gaji bulanan ditambah dengan THR itu sendiri, sehingga banyak orang yang akhirnya menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran ekstra tadi.

THR habis, Lebaran selesai, sayangnya tagihan kartu kredit justru meningkat.

Nah, kali ini, coba mengupayakan agar pengelolaan THR kita lebih tertata rapi, tanpa harus membawa utang setelah Lebaran usai.

Apa yang perlu kita pisahkan pertama kali? Nah, ini dia 5 alokasi THR

1. Zakat

Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyisihkan sebagian uang dari penghasilan yang kita dapatkan untuk dizakatkan. Selain itu, kita juga harus menyisihkan uang untuk zakat fitrah. Begitu kita dapat THR, langsung segera pisahkan untuk alokasi zakat ini.

2. Sedekah