Ada 4 Tipe Orangtua Dilihat dari Cara Mendidik Anak, Anda Termasuk yang Mana?

By , Kamis, 30 Juni 2016 | 00:17 WIB
4 tipe orangtua (Nova)

Setiap orangtua memiliki pola asuh berbeda yang ia terapkan pada buah hati. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh pola asuh terdahulu yang dikenakan padanya, serta dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan sekitar.

Pasalnya, pola asuh yang dijalani sehari-hari ini juga umumnya hasil adaptasi dari harapan orangtua dan karakter yang dimiliki anak. Maka tak heran bila ada dua ibu yang sama-sama ambisius, tapi pola asuh yang mereka pilih berbeda. Toh, sifat anak yang berbeda pun akan mengubah pola asuh yang diterapkan.

Anda pasti setuju, kan, bahwa orangtua perlu terlibat aktif dalam proses pendidikan dan perkembangan anak? Dengan demikian, kita akan lebih memahami apa yang disukai dan dibutuhkan anak, sebagai bekal untuk menyongsong masa depannya.

Untuk mendukung setiap orangtua memahami pola pengasuhan yang dibutuhkan, EF English First mengadakan riset mengenai tipe orangtua berdasarkan pandangan mereka terhadap pendidikan anak.

Hasilnya, ternyata ada empat tipe orangtua, dilihat dari cara orangtua membimbing anak-anaknya. Apa saja dan mana yang sangat mirip dengan Anda?

1. Ambitious Commander

Orangtua tipe ini cenderung proaktif dan semaksimal mungkin mengupayakan kemampuan anak agar mendapatkan hasil terbaik di bidang pendidikan. Sayangnya, tipe ini cenderung memaksakan kehendak.

Tipe orangtua ini mendominasi keputusan anak terhadap pendidikan mereka, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

2. Silent Achiever

Tipe yang kedua adalah orangtua proaktif dan ambisius, namun tetap memberikan kesempatan bagi anaknya untuk berpendapat.

Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini memilih untuk mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya. Mereka lebih memilih mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

4 tipe orangtua (Nova)

3. Short-Term Worrier