5 Fakta Tentang Berburu Pokemon Go di Indonesia yang Bikin Candu!

By nova.id, Selasa, 12 Juli 2016 | 12:07 WIB
Bermain Pokemon Go (nova.id)

Apakah akhir-akhir ini Anda suka melihat orang-orang berjalan sambil terus menatap layar smartphone mereka? Hmm, bisa jadi mereka tengah keranjingan memainkan game bernama Pokemon Go.

Game besutan Nintendo, Pokemon Corps dan Niantic Labs ini baru saja diluncurkan di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru pada tanggal 4 Juli. Tak disangka responsnya begitu positif dan permainan berburu Pokemon ini langsung mewabah di seluruh dunia.

Walaupun belum secara resmi hadir di Tanah Air tetapi popularitas Pokemon Go membuat kehebohan para netizen Indonesia. Apa saja fakta menarik tentang bermain Pokemon Go di Indonesia?

1. Mengalahkan Aplikasi Populer

Sebelumnya, perlu diketahui pula bahwa permainan ini sangat populer hingga mengalahkan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya digandrungi. Dilansir dari Huffingtonpost game ini bahkan sudah mengalahkan pamor sosial media seperti instagram dan twitter.

Yang lebih mengejutkan, hanya berjarak 4 hari usai diluncurkan, pengguna Pokemon Go terdata rata-rata menghabiskan waktu selama 43 menit 22 detik setiap harinya untuk bisa memainkan games ini.

BACA: 10 Akun Snapchat Artis Indonesia yang Harus Anda Follow 

Data Similar Web yang dimuat pada Huffingtonpost juga menunjukkan bahwa Pokemon Go ini mulai mengalahkan pamor apps yang banyak digunakan seperti whatsApp dan snapchat.

Di Indonesia, pengguna Pokemon Go pun sudah banyak meski game ini belum diluncurkan secara resmi.

2. Museum Nasional Berpartisipasi!

Memanfaatkan peluang tersebut, Museum Nasional Indonesia pada akun twitter @MuseumNasional mengajak untuk berburu Pokemon di museum. Ajakan menarik ini sekaligus mempromosikan dan mengedukasi agar netizen untuk mengunjungi Museum Nasional Indonesia yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah.

Secara terang-terangan, pada akun twitter @MuseumNasional, admin memperlihatkan banyak Pokestop yang diburu oleh para pengguna Pokemon Go untuk mengumpulkan Pokeball atau menangkap Pokemon.

3. Mengajak Pengguna Aktif Bergerak

Pada umumnya, seperti yang dikutip dari Kompas Tekno, game Pokemon Go merupakan game gratis untuk ponsel berplatform Android dan iOS. Cara mainnya yakni menangkap Pokemon yang tersembunyi di berbagai lokasi dunia nyata. Pengguna bisa melihat dunia Pokemon melalui layar smartphone sebagai viewfinder dari kamera perangkat.