Hari Pertama Sekolah, Ini 7 Persiapan Sebelum Anak Masuk TK

By nova.id, Senin, 18 Juli 2016 | 08:50 WIB
Persiapan anak masuk TK (nova.id)

Hari pertama sekolah, bagaimana reaksi buah hati yang tahun ini pertama kali masuk TK? Apakah Si Kecil sudah dengan sendirinya mudah beradaptasi, masih menangis, atau tak mau masuk kelas?

Jangan putus asa, belum terlambat kok untuk mengajarkan anak agar siap masuk TK. Ada beberapa persiapan sebelum anak masuk TK yang perlu diajarkan, yakni mencakup persiapan fisik dan mental.

Psikolog Dewi  Puspa Hardiawan, M.Psi menjelaskan bahwa persiapan fisik perlu dilakukan karena dapat membantu anak meningkatkan aktivitas fisik yang jarang dilakukan di rumah dan membantunya lebih banyak bergerak, seperti berolahraga, bermain, dan sebagainya. Dengan demikian keterampilan motoriknya meningkat.

Selain itu, juga dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan life skill anak, agar ia dapat belajar tentang kemandirian dan mampu menyiapkan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan. 

BACA: Persiapan Fisik dan Mental Anak Sebelum Masuk Playgroup

Selain menjaga stamina dan membiasakan bangun pagi, agar anak siap secara fisik di sekolahnya perlu juga dilakukan:

1. Latih kesiapan motorik

Untuk mempersiapkan anak masuk TK, Anda bisa mengajarkan kesiapan motoriknya baik motorik halus yang meliputi menghubungkan titik-titik atau garis,menggunting, melipat, membedakan bentuk, dan sebagainya; maupun motorik kasar, seperti melempar, memanjat, melompat, berlari, dan sebagainya.

Di rumah, orangtua juga dapat melatih kemampuan anak misalnya dengan memperkenalkan berbagai macam warna dan bentuk benda dengan alat-alat permainan yang mendukung.

2. Batasi penggunaan gadget, game, atau playstation

Sebaiknya latih dengan permainan yang membutuhkan gerak untuk menstimulasi fisik seimbang, misalnya, bermain sepeda.

3. Latih kemampuan self help