Lakukan 9 Cara Ini Agar Vagina Sehat

By Noverita, Rabu, 27 Juli 2016 | 04:45 WIB
Cara Alami Atasi Masalah Vagina Kering yang Perlu Dicoba (Noverita)

Idealnya, setiap perempuan tentu harus peduli pada kesehatan organ intim mereka. Misalnya, mampu mengetahui tanda seperti apa vagina sehat di mana secara alami bersifat asam dan mengandung sejumlah bakteri menguntungkan.

Keasaman dan bakteri ini lah yang membantu menangkis infeksi serta mempertahankan tingkat pH normal pada vagina.

Tanda lainnya, vagina sehat juga akan mengeluarkan sejumlah kecil cairan untuk menjaga agar bersih. Seperti halnya air liur diproduksi untuk membantu membersihkan mulut Anda.

Namun, terkadang perempuan mengalami gangguan yang biasa terjadi seperti iritasi vagina atau infeksi. Agar hal itu tak terus terjadi, berikut cara yang bisa Anda lakukan agar vagina sehat:

1. Cairan Pewangi

Walau diiming-imingi khasiat bisa membuat vagina beraroma lebih baik, sebenarnya semprotan pewangi dapat mengganggu kadar pH vagina, mengurangi keasaman, dan menimbulkan infeksi bakteri.

Baca: Tongkat Pengencang Vagina, Amankah Bagi Kesehatan Organ Intim?

Jika vagina memiliki bau yang kuat atau tidak menyenangkan, semprotan hanya akan menutupi baunya tanpa menyembuhkan masalah atau penyebabnya. Selain itu, hindari juga penggunaan sabun yang keras atau pembersih vagina karena bisa menyebabkan efek buruk yang sama.

2. Asupan Bergizi

Makan makanan bergizi dan minum banyak cairan merupakan kunci kesehatan vagina dan reproduksi. Bahkan, makanan tertentu efektif mengobati masalah kesehatan vagina. Seperti, yoghurt yang membantu mencegah infeksi.

Dan, jika Anda mengalami kekeringan vagina, tanyakan dokter apa yang sebaiknya dimakan sehingga dapat membantu pelumasan alami.

Baca: Cara Yogurt Menjaga Kesehatan Vagina