Jangan Konsumsi 4 Jenis Obat Ini dengan Teh, Apa Alasannya?

By Noverita, Sabtu, 30 Juli 2016 | 06:45 WIB
5 Kategori Konsumsi Obat yang Harus Dihindari (Noverita)

Agar lebih efektif menyembuhkan penyakit, sebagian besar obat dianjurkan diminum dengan air putih. Tapi, tak jarang banyak orang yang minum obat dengan minuman lain, misalnya teh.

Padahal, hal itu dapat mengurangi penyerapan dan khasiat obat karena kandungan dalam minuman tersebut dapat mengubah sifat dan kerja obat di pencernaan.

Seperti yang dilansir oleh Foodsafetynews, pada dasarnya memang terdapat interaksi antara beberapa jenis antibiotika dan obat sejenis obat maag (antasida) dengan sejumlah minuman.

Bisa saja, obat-obatan tersebut membentuk gumpalan yang akan menganggu penyerapan obat yang akan menjadikan kadar obat dalam tubuh menurun.

Baca: Kelebihan Antibiotik Bikin Kuman Jadi Kebal?

Untuk itulah, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi obat bersama 4 jenis minuman berikut:

1.Susu

Dapat menghambat penyerapan di dalam usus maupun lambung jika diminum bersama obat antibiotik berikut:  Tetrasiklin, Siprofloksasin, Ofloksasin.

2.Kopi

Kafein pada kopi dapat meningkatkan efek samping obat seperti rasa gugup, gangguan tidur, dan peningkatan denyut jantung. Jenis obat apa yang sebaiknya tidak diminum bersama kopi? Obat anti asma yaitu Albuterol dan Teofilin juga obat-obat yang merangsang susunan saraf pusat seperti Klozapin.

Baca: 5 Kategori Kebiasaan Konsumsi Obat yang Harus Dihindari

3.Teh