Mudah! 4 Tips Perawatan Kulit Kering Sensitif dari Dermatolog

By , Rabu, 3 Agustus 2016 | 06:00 WIB
4 Tips Perawatan Kulit Kering Sensitif dari Dermatolog (Nova)

Iklim tropis dan polusi serta radikal bebas mau tak mau memang membuat kulit orang yang tinggal di perkotaan rentan rusak alias tidak sehat.

Mencukupi kebutuhan air dengan minum saja tidak cukup. Anda juga diharuskan banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya kadar air, vitamin serta antioksidan untuk mengatasi masalah kekeringan kulit yang setiap hari bisa semakin parah.

Secara mudah, dr. Dewi Hasanah, SpKK., dermatovenereolog dari Essenskin Dermatovenereologi memberikan tips cara memilih produk perawatan kulit kering sensitif pada tabloidnova.com .

Apa sajakah tips memilih produk perawatan untuk kulit kering sensitif yang wajib diketahui?

Baca: Langkah Awal Merawat Kulit Sensitif Dehidrasi dengan Hydrabio

Jangan asal lakukan proses scrubbing Penting disadari bahwa proses eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, tahap ini tidak boleh terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit semakin kering.

“Sebaiknya lakukan eksfoliasi sekali selama sebulan. Anda juga sebaiknya menghindari suhu air yang terlalu panas,” ujar dr. Dewi.

Baca: Apa Bedanya, Kulit Kering dan Kulit Kekeringan?

Pelembap yang memiliki bahan dasar air Ia pun menyarankan bahwa perawatan kulit yang dehidrasi harus disesuaikan dengan jenis dan tipe kulit masing-masing. Tujuannya agar kondisi kesehatan kulit tidak makin rusak.

“Untuk kulit berjerawat, pilih lini perawatan kulti yang berbahan dasar air. Bagi kulit sensitif, hindari produk yang mengandung wewangian atau fragrance dengan kadar deterjen yang rendah,” saran dr. Dewi.

Baca: Lihatlah Akibatnya Bila Kulit Wajah Kekurangan Cairan

Pilih produk perawatan kulit sesuai tingkatan kekeringan Misalnya bagi kulit normal cenderung kulit dapat memilih produk pelembap jenis losion. Sedangkan, jika dehidrasi cukup berat dapat memilih pelembap bentuk krim atau ointment.

Rutin menggunakan face mist atau spray water Penyemprotan face mist atau spray water boleh dilakukan setiap kali kulit atau wajah terasa kering dan kencang.

Foto narasumber: Bioderma