Spons atau Kuas, Mana yang Lebih ‘Oke’ Untuk Makeup?

By nova.id, Rabu, 10 Agustus 2016 | 08:45 WIB
Spons atau Kuas, Mana yang Lebih ‘Oke’ Untuk Makeup? (nova.id)

Bicara soal merias wajah atau teknik makeup memang gampang-gampang susah. Ada yang bilang bahwa urusan makeup adalah bakat naluriah dan juga soal minat.

Belum lagi, makeup pun memiliki ragam produk kosmetik, alat dan konsep teknik yang tidak sedikit jumlahnya. Salah satunya soal urusan bentuk spons dan kuas makeup.

Saking beragam bentuk sesuai fungsinya, banyak perempuan akhirnya malah kebingungan mana bentuk kuas atau spons makeup yang harus dibeli dan digunakan. Dan, tentunya mana yang lebih oke untuk makeup, spons atau kuas.

Secara lebih jelas, Abraham Sprinkle, penata rias ternama, memaparkan soal cara memilih spons atau kuas makeup yang lebih oke.

Baca: 18 Jenis Kuas Makeup Sesuai Fungsinya, Wajib Tahu!

“Bagi saya, semuanya tergantung dari hasil yang ingin saya capai,” kata seorang penata rias yang bernama Abraham Sprinkle soal tips memilih spons dan kuas makeup.

Sprinkle pun melanjutkan bahwa ketika dia ingin mendapatkan hasil aplikasi yang mulus dan rata, dia lebih mencintai spons. Akan tetapi untuk saturasi atau presisi, dia memilih untuk menggunakan kuas.

Baca: Kuas Makeup yang Baik Bisa Cegah Pemborosan!

Kemudian, untuk produk yang berbahan dasar bubuk, seperti halnya bedak tabur, Sprinkle mengatakan bahwa kuas akan bekerja lebih baik

Akan tetapi, jika Anda menggunakan krim untuk konturing, maka gunakanlah spons basah untuk mencampurkan warna dan memastikan agar tidak ada garis yang tertinggal.

Baca: Hati-hati! Kuas Makeup Kotor Sebabkan Radang Tenggorokan

Sementara itu, Sprinkle menyarankan Anda untuk menggunakan kuas yang sintetis saat menerapkan alas bedak berbahan cair, sebab mereka lebih mudah untuk dibersihkan, dan membuat hasilnya menjadi lebih halus.

“Spons bagus untuk meratakan krim dan cairan, tetapi dapat menyerap banyak produk,” kata Sprinkle. Jika Anda malas untuk menggunakan spons maupun kuas, Anda bisa saja memanfaatkan tangan untuk menerapkan kosmetik.

Namun, kuas dan spons bisa memberikan efek yang berbeda pada kulit Anda, pungkas Sprinkle.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale Sumber: Instyle