Tetap Mesra Meski Menikah Bertahun-tahun? Coba 5 Hal Ini untuk Usir Rasa Bosan

By nova.id, Selasa, 13 Juni 2017 | 06:00 WIB
Agar Pernikahan Tetap Langgeng Begini Caranya 2 (nova.id)

Rasa jenuh pada pasangan adalah hal yang sering terjadi dalam pernikahan. Hal ini bisa terjadi jika suami-istri tak berusaha memupuk cinta agar tetap membara meski telah menjalani rumah tangga bertahun lamanya.

Selain rutinitas, tekanan hidup, perbedaan minat, pemicu lain dari hambarnya kondisi pernikahan adalah komunikasi yang tak lagi sama. Misalnya, jika dibandingkan seperti saat masih pacaran atau di awal-awal pernikahan. Oleh sebab itu, seringkali suami dan istri merasa kehangatan di antara berkurang.

Namun, sadarkah Anda membangun rumah tangga yang harmonis bukan hanya soal kualitas dan frekuensi bercinta? Hal kecil namun efektif seperti belaian sayang, pegangan tangan, pujian spontan, dan kejutan romantis terbukti ampuh mengembalikan getaran cinta pada pasangan.

Seorang psikolog, Dr Mark Goulston, juga menganjurkan pasangan suami istri untuk jangan melupakan 5 hal berikut dalam keseharian:

Tidur di jam yang sama Hal ini mungkin Anda pikir sepele, tetapi berada di kamar tidur pada waktu sama setiap malam merupakan kebiasaan positif. Sebab, waktu tidur yang selalu sama setiap malam juga bisa menjadi sinyal nyata yang bergulir pada sensasi seksual yang terus menyala. Pada pasangan yang masih memiliki bayi, hal ini juga bisa merekatkan bonding sebagai orangtua.

Sering berpegangan tangan Kontak fisik bukan hanya saat bercinta. Ketika berjalan-jalan di mal bersama buah hati ataupun kencan singkat berdua sepulang kerja, jangan lupa biasakan berpegangan tangan. Terlihat sederhana, namun bahasa cinta ini mampu merefleksikan perasaan untuk saling menjaga pasangan kita.

Pelukan hangat Menurut studi, kulit manusia memiliki “memori” terhadap ragam sentuhan, mulai dari sentuhan baik hingga buruk. Oleh karena itu, jangan remehkan manfaat berpelukan dalam menjaga kelanggengan rumahtangga. Pasalnya, pelukan bisa memberikan rasa nyaman dan aman yang tidak bisa Anda dapatkan selain dari pasangan tercinta.

Sering bilang cinta Memang benar bahwa tindakan lebih berarti dari ucapan. Namun, tidak ada salahnya untuk sering-sering mengucapkan cinta pada pasangan. Tujuannya sebagai alarm yang mengingatkan masing-masing bahwa mereka dicintai.

Bangga pada pasangan Perasaan dihargai dan dihormati merupakan sikap istimewa yang menguatkan hubungan. Oleh karena itu, jika suami atau istri berhasil melakukan pencapaian, sekecil apapun itu, pastikan dia tahu bahwa Anda bangga dan tulus memujinya.

Kompas Female