5 Tips Suhu Ruangan Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC

By , Senin, 15 Agustus 2016 | 08:00 WIB
5 Tips Suhu Ruangan Rumah Tetap Dingin Meski Tanpa AC (Nova)

Bukan hanya tidak ramah lingkungan dan memiliki pengaruh terhadap pemanasan global dan lubang pada lapisan ozon, menggunakan Air Conditioner atau AC juga menambah beban biaya listrik rumah tangga Anda.

Harus diakui, tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia terhadap pemakaian AC memang sulit dihindari.

Apalagi, diramalkan sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami musim kemarau  hingga bulan November mendatang. Kondisi ini yang akhirnya memicu banyak masyarakat mau tak mau memanfaatkan barang elektronik pendingin suhu ruangan untuk memberi rasa nyaman sekaligus sejuk di rumah.

Nah, jika Anda ingin mencoba menjaga lingkungan dari kerusakan sekaligus menghemat biaya listrik. Anda bisa mencoba 5 tips suhu ruangan rumah tetap dingin meski tanpa AC, seperti yang disarikan dari LifeHacks, berikut ini.

Baca: Waspadai Dampak AC Dan Kipas Angin

Dinginkan tubuh Anda dari dalam 5 tips agar suhu ruangan tetap dingin walaupun tanpa AC yang pertama ini mungkin terdengar klise. Namun, sebenarnya mudah dilakukan karena juga memberi manfaat pada kesehatan tubuh.

Anda bisa memulainya dengan memperbanyak asupan air serta jenis makanan dan minuman yang dingin yang tentunya sehat serta tidak mengandung banyak kalori.

Minum air secara cukup akan bantu menghidrasi tubuh. Anda bisa memilih jenis minuman seperti air lemon yang didinginkan, smoothies buah dan sayur yang berasal dari frozen fruit yang sudah didinginkan di lemari es maupun es teh hijau atau es jeruk nipis yang akan membuat tubuh tidak kekurangan cairan.

Baca: Agar Kulit Tidak Kering Saat Berada di Ruangan Ber-AC

Masukkan seprai atau selimut ke dalam kulkas sebelum dipakai tidur Terdengar konyol, namun cara ini cukup efektif untuk memberi rasa sejuk saat Anda tidur. Pastikan seprai atau selimut Anda dalam keadaan bersih dan bebas debu, ya. Diamkan seprai atau selimut tidur di dalam kulkas menggunakan kotak atau plastik bersih.

Cara ini akan memberi rasa sejuk dan dingin ketika Anda akan tidur meskipun tanpa menggunakan pendingin ruangan.

Baca: Yuk, Atasi Kulit Kekeringan Akibat Suhu Dingin

Gunakan kipas angin yang diletakkan secara strategis Kipas angin bukanlah pendingin ruangan. Cara kerja kipas angin hanya membuat sirkulasi udara atau angin lebih baik dengan memutarnya sehingga ruangan tidak berasa panas atau pengap. Pastikan kipas angin tidak langsung mengarah ke tubuh atau kepala Anda.

Letakkan kipas angin mendekati jendela kemudian taruh semangkuk es batu di depan kipas angin untuk memberi rasa sejuk ketika kipas angin berputar dalam ruangan. Buat beberapa es batu saat pagi hari dan Anda bisa memakainya saat ingin tidur. Tips ini cukup untuk menyejukkan ruangan dalam waktu sekitar satu hingga dua jam.

Baca: Tips Rumah Tetap Terang & Sejuk Berkat Bukaan Kaca

Perhatikan lebih saksama soal sirkulasi pada ventilasi di jendela atau pintu Jendela dan pintu memainkan peranan dalam menentukan suhu ruangan di rumah Anda. Sedikit langkah cermat dengan menyesuaikan ventilasi akan membantu menurunkan suhu panas di ruangan.