5 Alasan Sering Merasa Haus dan Ingin Minum Air Dingin

By nova.id, Selasa, 16 Agustus 2016 | 06:45 WIB
5 Alasan Sering Merasa Haus dan Ingin Minum Air Dingin (nova.id)

Pakar kesehatan mengatakan bahwa tubuh manusia memerlukan sekitar 8 gelas air seharinya untuk memenuhi kecukupan cairan tubuh. Hal ini dikarenakan hampir 60 persen rata-rata tubuh manusia terdiri dari air sehingga kebutuhan akan cairan pun menjadi sangat penting bagi manusia.

Namun, ada sejumlah kondisi yang tanpa disadari menyebabkan tenggorokan terasa kering dan Anda membutuhkan minuman untuk meredakan rasa haus tersebut.

Disarikan dari RD, berikut 5 alasan sering merasa haus dan ingin minum air dingin:

Baca: Tanda Dehidrasi Bukan Hanya Rasa Haus

Xerostomia Menurut Mayock, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan xerostomia. Xerostomia sendiri merupakan kondisi mulut yang terasa kering. Mulut yang kering ini biasanya juga dibarengi dengan produksi air liur yang minim. Ini merupakan salah satu dari 5 penyebab Anda sering merasa haus.

Nah, tubuh kita akan membutuhkan cairan lebih ketika kelenjar ludah dalam mulut tidak cukup memproduksi air liur. Itulah sebabnya mengapa kita akan merasa kehausan bila memiliki kondisi mulut yang kering.

Baca: Hati-hati Jika Rasa Haus Sudah Hilang!

Kelebihan konsumsi garam Garam dapat menarik air dari sel-sel tubuh kita, serta mengurangi kekuatan tubuh untuk menghemat air. Lalu, tubuh akan mengirim sinyal haus ke otak ketika berkurangnya kadar air di sel-sel tubuh kita. Nah, hal inilah yang membuat kita merasa haus.

Olahraga di pagi hari “Anda akan memerlukan minum lebih ketika tubuh Anda berkeringat,” ujar Peter Mayock, MD, direktur medis di West Town Adult Clinic of the Eric Family Health Center di Chicago.

Ketika kita berolahraga tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat. Nah, hal ini bisa menyebabkan dehidrasi kalau kita tidak mengganti cairan yang telah keluar. Menurut Mayock, tak ada rumus untuk mengetahui berapa banyak air yang perlu kita minum. Ia hanya menyarankan kalau kita perlu “mendengarkan” tubuh kita sendiri.

Baca: Apa Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Air dan Ion?

Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari dan aktivitas di ruang terbuka Kalau kita banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, entah itu di taman, pantai, atau halaman, jangan heran  bila kita merasa kehausan. Soalnya, paparan sinar matahari yang amat panas bisa membuat kita dehidrasi.

Nah, alangkah lebih baik kalau kita membawa botol minum bila banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Tujuannya jelas, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Anemia Kita tentu tahu kalau tubuh bergantung pada sel-sel darah yang sehat untuk membawa darah ke seluruh tubuh. Namun, anemia ringan bisa menyebabkan rasa haus berelebihan pada tubuh. Rasa kehausan ini akan semakin menjadi bila kondisi anemia kita makin memburuk.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: RD