Wajib Diikuti, 5 Tips Perawatan Masalah Kulit Saat Menstruasi

By , Jumat, 2 Juni 2017 | 13:00 WIB
Wajib Diikuti Perawatan Kecantikan Kulit Terbaik Saat Menstruasi (Nova)

Secara alamiah kaum perempuan harus berhadapan dengan berbagai keluhan soal masalah kulit selama siklus haid, tentunya selain masalah perubahan suasana hati yang sensitif.

Sebelum periode haid, biasanya jerawat muncul di sejumlah area wajah. Ini belum ditambah keluhan lainnya yang akhirnya menyebabkan rasa frustasi saat menstruasi datang.

(Baca juga: Ini Dia Celana Dalam Khusus Menstruasi yang Didambakan Banyak Wanita​)

Studi menemukan fakta bahwa 70% perempuan dengan rata-rata usia 14-45 tahun terbukti mengalami masalah kulit selama menstruasi atau beberapa hari sebelum memasuki siklus haid.

Lebih lanjut, menurut studi tersebut, contoh paling nyata ialah kondisi muka berminyak, jerawat, bintik hitam serta kulit kusam yang umum terjadi selain jerawat pada perempuan ketika menstruasi.

Disarikan dari Boldsky, ini 5 perawatan wajib kecantikan kulit terbaik saat menstruasi yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi alias tidak kekurangan air selama siklus haid. Pasalnya, cara ini ampuh mencegah masalah kulit seperti jerawat dan noda atau kulit kusam akibar dehidrasi saat menstruasi.

2. Harus jaga kelembapan

Perawatan kecantikan kulit selama periode menstruasi bisa dilakukan dengan menggunakan pelembap yang berkualitas dan sangat baik untuk mengurangi keluhan kulit selama perubahan hormone ketika haid.

(Baca juga: Nyeri Jelang Haid? Konsumsi 5 Makanan Pereda Gejala Pra-Menstruasi Ini!)

3. Eksfoliasi kulit

Kulit berminyak dan pori-pori yang tersumbat sangat umum terjadi selama atau sebelum periode haid. Jadi, cobalah tahapan eksfoliasi kulit yang penting untuk mencegah jerawat serta kulit berminyak secara natural.

(Baca juga: )

4. Rawat kulit secukupnya alias tidak berlebihan

Kulit Anda akan sangat sensitif selama periode menstruasi. Jadi, tetap lakukan perawatan secukupnya dan hindari penggunaan produk skincare dengan kandungan kimia yang keras.

(Baca juga: 8 Fakta Mengejutkan Menstruasi yang Pasti Belum Anda Tahu)

5. Gunakan produk yang mengandung asam salisilat

Pastikan Anda menggunakan sabun pencuci wajah yang mengandung asam salisilat selama menstruasi untuk membantu membersihkan pori-pori wajah secara lebih baik demi mencegah jerawat.

Sumber: Boldsky