Seram! Sering Meminjam dan Pulas Lipstik dengan Jari Bisa Tertular Virus Herpes

By Noverita, Sabtu, 17 Juni 2017 | 07:30 WIB
Lakukan Ini Bila Anda Salah Beli Lipstik (Noverita)

Pernah, kan, saat ada acara atau berpergian Anda lupa bawa lipstik, lalu mencoba meminjam milik teman? Atau sebaliknya dan Anda tak mungkin menolak.

Ada ahli yang mengatakan, make up termasuk lipstik sebenarnya aman jika digunakan bersama karena sebagian besar kosmetika punya kandungan pengawet yang dirancang untuk membunuh bakteri.

Namun, bicara bakteri, terpikir kah Anda jika  lipstik atau lipbalm juga dapat mengandung bakteri atau virus yang dengan mudah menular lewat air liur?

Meski produk pemulas bibir ini bisa bertahan hingga 3 tahun dalam penggunaannya, Anda amat disarankan tidak pernah pinjam-meminjamkannya dengan orang lain. Mengapa? Sebab Anda tak pernah tahu sejauh mana kesehatan bibir orang tersebut.

Baca: Mengukur Umur Alat Make Up

Seperti yang dikutip dari BOLDSKY, jika kebiasaan buruk ini tak dihentikan, ini efek yang timbul pada bibir:

Sebar Bakteri 

Bibir memiliki pembuluh darah yang luas di bawah permukaannya. Apa pun yang Anda oleskan pada membran tipis bibir secara otomatis akan diteruskan ke sistem tubuh yang lain melalui aliran darah, salah satunya juga bakteri.

Virus Mengendap

Bahkan, jika sudah beberapa hari, virus yang terdapat di tubuh seseorang bisa menempel di lip balm dan bertahan selama berminggu-minggu. Jadi, jika sebelumnya yang memakai menderita sakit meskipun ringan, tak menutup kemungkinan Anda juga akan tertular. Hiii…!

Baca: Stop! Jangan Saling Pinjam Barang-barang Ini

Virus Herpes