6 Manfaat Mengejutkan Rumput Laut Untuk Penyakit Jantung Hingga Kanker

By nova.id, Kamis, 1 September 2016 | 08:00 WIB
6 Manfaat Mengejutkan Rumput Laut Untuk Sehatkan Jantung Hingga Cegah Kanker (nova.id)

Seperti halnya khasiat dari berbagai jenis sumber kekayaan laut semisal ikan hingga lobster, ternyata rumput laut juga memiliki beragam manfaat menyehatkan.

Demikian menurut yang disarikan oleh Healthfitnessrevolution seputar 6 manfaat mengejutkan rumput laut, berikut ini.

Menjaga hati Rumput laut jenis sargassum  memiliki begitu banyak sifat terapeutik (berkaitan dengan pengobatan dan terapi). Bahkan, kini rumput laut sedang dipertimbangkan untuk digunakan dalam bidang farmasi.

Tanaman laut ini terbukti bisa mencegah kerusakan pada hati kita. Nah, kita bisa memperoleh manfaatnya dengan mengombinasikan rumput laut dengan sup, salad, sandwich, dan tentu saja sushi.

Baca: Rumput Laut Bikin Gigi Sehat?

Menyehatkan otak Gracilariopsis, rumput laut merah, kaya akan arachidonic acid. Asam ini dapat meningkatkan perbaikan dan pertumbuhan jaringan otak. Asam arachidonic juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan neurologis.

Jantung makin sehat Mengonsumsi rumput laut juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Seperti terhindar dari darah tinggi, dyslipidemia, stres oksidatif, dan peradangan pembuluh darah.

Jumlah nutrisi tinggi seperti serat larut, peptida, phlorotannins, lipids, dan mineral, yang terkadung dalam rumput laut inilah yang menyehatkan jantung kita.

Baca: Yang Aman dan Tidak Dikonsumsi Saat Hamil

Antidiabetik Rumput laut mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Polifenol serta komponen lainnya bertanggung jawab untuk menstabilkan gula darah di tubuh kita. Dengan begitu, ia bisa mengurangi tingkat glikogen yang terdapat di dalam hati.

Memerangi kanker Tahukah Anda kalau rumput laut dapat membantu kita untuk memerangi kanker? Enzim antioksidan dalam tanaman ini terbukti dapat mencegah peningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh. Rumput laut ini secara khusus juga bisa memerangi sel-sel kanker pada payudara.

Baca: Benar Enggak Sih, Cemilan Rumput Laut Tergolong Sehat?

Melawan infeksi Antioksidan dan enzim di dalam rumput laut dapat mengeluarkan racun yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Bahkan, ia juga bisa  memerangi peradangan lainnya dalam tubuh kita.

Rumput laut juga bisa membantu untuk menyembuhkan gondok yang berpotensi menyebabkan masalah tiroid. Selain itu, terdapat beberapa jenis rumput laut yang cukup kuat untuk memperbaiki masalah kesehatan, seperti sakit tenggorokan hingga tumor.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: Healthfitnessrevolution