Pikun Sering Sebabkan Orang Berhalusinasi, Kenapa?

By Noverita, Senin, 26 September 2016 | 03:15 WIB
pikun sebabkan orang halusinasi, kenapa? (Noverita)

Apakah Anda mulai lupa mengingat hal-hal kecil belakangan ini? Misalnya, lupa nama jalan yang baru seminggu lalu dilalui, lupa menaruh barang, atau lupa mengingat apa yang baru Anda lakukan. 

Bisa jadi itu salah satu gejala demensia yaitu kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mengakibatkan perubahan dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain.

Seringkali, memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik terpengaruh. Jika terjadi berlarut-larut dapat mendatangkan malapetaka di kehidupan pribadi dan profesional.

Yang mengejutkan, ternyata, beberapa tahun belakangan ini telah terjadi peningkatan signifikan jumlah penderita demensia.

Baca: Terungkap! 4 Penyebab Otak Menjadi Pikun

Namun, apa yang perlu diketahui lebih dalam tentang demensia? Mungkin fakta berikut bukan hanya bisa membantu Anda, tapi juga mereka di sekitar Anda yang mulai mengalami gejala demensia tersebut.

1. Delusional

Demensia tidak hanya menyebabkan kehilangan memori, tapi juga dapat memengaruhi kemampuan individu untuk berkomunikasi dan berpikir jernih. Beberapa orang yang menderita ini telah mengalami disorientasi dan delusi (halusinasi).

Baca: Duh! Ini 5 Gejala Pikun yang Perlu Anda Waspadai

2. Bukan cuma orang tua

Kebanyakan orang berpikir masalah ini hanya dialami orang tua. Sebuah penelitian terbaru mengatakan banyak orang yang menderita kondisi ini sebelum usia 65 tahun.

3. Belum ada obatnya