Supaya Tidak Ketergantungan, Jangan Minum Kopi di Pagi Hari. Ini Alasannya

By nova.id, Minggu, 25 September 2016 | 05:30 WIB
Minum Kopi di Pagi Hari Ternyata Bikin Ketergantungan. Lalu Kapan Waktu yang Pas? (nova.id)

Kebanyakan orang minum kopi pagi hari dengan tujuan agar merasa lebih segar dan bersemangat di pagi hari. Sebaliknya, menghindari minum kopi saat malam hari karena khawatir tidak dapat tidur di malam hari.

Perlu kita tahu, kopi terutama kafein diketahui dapat meningkatkan hormon kortisol yaitu hormon yang banyak diproduksi sebagai respons terhadap suatu situasi atau kondisi seperti bangun pada pagi hari, olahraga, dan stres.

Dalam keadaan normal, produksi hormon kortisol mencapai puncaknya mengikuti pola waktu atau siklus tertentu, yaitu saat bangun tidur pagi hari dan malam hari.

Baca: Kenapa Minum Kopi Sebabkan Sering Pipis?

Hal tersebut penting untuk mempertahankan keseimbangan fungsi tubuh optimal dan mengatur keseimbangan energi. Bila kita minum kopi saat pagi hari yaitu saat produksi kortisol mencapai puncaknya, dikhawatirkan akan lebih meningkatkan kortisol.

Namun penelitian menunjukkan, minum kopi saat pagi hari maka semakin lama tubuh akan menjadi lebih “toleran”; produksi kortisol berkurang dan tubuh mulai tergantung pada kafein untuk produksi kortisol.

Ada sumber yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah saat snack pagi yaitu di antara waktu sarapan dan makan siang.

Baca: Plain Doughnut, Sebagai Teman Minum Kopi

Anda juga dapat menambahkan susu dalam kopi. Namun masalahnya, kandungan lemak dan kalori dalam susu yang perlu diperhitungkan pula agar tidak menyebabkan kelebihan kalori dan lemak serta tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Perlu diperhatikan pula komposisi lainnya dalam kopi tersebut di antaranya kadar gula. Konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan lain.

Untuk mengurangi risiko gangguan penyerapan berbagai mineral dalam tubuh, sebaiknya minum kopi dengan selang waktu satu jam setelah makan makanan atau suplemen yang mengandung mineral.

Hilman Hilmansyah/Tabloid NOVA