Perempuan Bertubuh Langsing Lebih Mudah Dapat Kerja?

By nova.id, Senin, 26 September 2016 | 08:30 WIB
Perempuan Bertubuh Langsing Lebih Mudah Dapat Kerja? (nova.id)

Sulit memang di zaman sekarang untuk mencari pekerjaan sesuai minat dan keahlian Anda. Selain soal banyaknya pesaing seperti Anda, kecanggihan teknologi juga mau tak mau menggeser kebutuhan tenaga manusia sehingga membuat lapangan kerja semakin sempit.

Belum lagi penyebab hadirnya tenaga kerja asing dari luar negeri yang memiliki citra lebih baik di mata perusahaan serta kualitas yang dianggap lebih mumpuni ketimbang tenaga kerja asli Indonesia.

Keluhan ini belum ditambah dengan penilaian yang tidak sekedar kemampuan akademis saja, melainkan juga soal penampilan yang cenderung subyektif.

Baca: 3 Ciri Anda Salah Pilih Pekerjaan, Wajib Tahu!

Berdasarkan sebuah studi, banyak perusahaan menerima karyawan berdasarkan penampilan lebih dulu, ketimbang kemampuan dan tingkat kecerdasannya.

Bahkan, studi tersebut juga menyebutkan bahwa perempuan yang memiliki tubuh lebih kurus memiliki peluang yang lebih besar mendapatkan kerja, ketimbang perempuan yang memiliki tubuh besar.

Para peneliti melakukan eksperimen dengan uji dua gambar, foto pria dan foto perempuan. Kedua foto terdiri dari wajah yang tirus dan wajah yang lebih tembam.

Baca: Tak Perlu Bersaing, Alasan Kenapa Wanita Lebih Suka Bos Pria

Peneliti pun bertanya kepada peserta sebagai pihak perusahaan, foto yang mana yang lebih menarik diperkerjakan sebagai karyawan. Hasilnya adalah peserta penelitian ini cenderung lebih memilih perempuan yang lebih kurus menjadi karyawan.

Namun, perspektif seperti ini memang tidak dimiliki oleh semua orang. Sebab, masing-masing orang pun memiliki sudut pandang yang berbeda.

Survei lain juga menemukan bahwa orang yang merekrut pegawai ini tidak peduli dengan kecakapan, prestasi dan pendidikan mereka. Hal terpenting menurut mereka ada pada saat sesi wawancara berlangsung.

Baca: Alasan Kenapa Perempuan Identik dengan Warna Pink

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin melakukan wawancara, sebaiknya mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Tidak hanya dari penampilan, tetapi juga dari gerak tubuh, kemantapan bekerja, dan perilaku Anda.

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja/KompasFemale Sumber: Dailymail