3 Kesalahan Menyantap Makanan yang Bikin Tubuh Jadi Sakit

By , Kamis, 29 September 2016 | 07:00 WIB
3 Kesalahan Menyantap Makanan yang Bikin Tubuh Jadi Gemuk (Nova)

Saat banyak orang tengah memfokuskan diri menjalani latihan kebugaran untuk menjaga kesehatan dan mencegah kegemukan, maka ada satu hal penting yang mereka lupakan, yaitu tentang kebiasaan makan.

Ada apa dengan kebiasaan makan?

Tidak cukup dengan asupan kaya nutrisi saja, Anda pun harus memerhatikan kebiasaan makan yang sebenarnya berdampak penting pada kesehatan tubuh. Satu hal yang sering diabaikan ialah kebiasaan makan yang terlalu cepat.

Apa akibat kebiasaan menyantap makanan terlalu cepat? Ini dia pemaparan 3 kesalahan makan yang tidak hanya membuat tubuh jadi gemuk namun juga menimbulkan gangguan pencernaan. Selengkapnya seperti yang dilansir oleh Boldsky.

Baca: 7 Kebiasaan Sepele yang Jangan Dilakukan Setelah Makan

Makan terlalu cepat dapat meningkatkan jumlah asupan lebih banyak Saat makan dan mengunyah dengan cepat, Anda cenderung makan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan perut tidak berkomunikasi dengan otak, sehingga kita tidak berpikir panjang dan terus makan. Di sisi lain, makan perlahan-lahan memberi waktu untuk perut mengirim sinyal ke otak, sehingga makan menjadi terkontrol dan dalam jumlah cukup.

Bukan hanya itu saja, mengunyah makanan terlalu cepat dapat membuat kita makan dalam jumlah berlebih, yang pada akhirnya dapat membuat kelebihan berat badan. Oleh sebab itu, jika ingin menurunkan berat badan atau berat badan stabil, Anda dapat makan secara pelahan-lahan.

Baca: Cegah Anak Susah Makan, Lakukan Kebiasaan Ini Sejak Bayi

Makan terlalu cepat menimbulkan gangguan pencernaan Menurut sebuah penelitian terbaru, makan cepat dapat menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux, yang merupakan jenis khusus dari masalah pencernaan. Tapi, penyakit ini memicu rasa sakit pada bagian dada.

Dalam kasus-kasus serius, penyakit ini dapat mengakibatkan penyempitan kerongkongan, sehingga sulit menelan. Beberapa masalah lain seperti kembung dan cegukan juga dapat terjadi karena selama menelan makanan, Anda turut menelan banyak udara.

Makan perlahan-lahan akan membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik, sehingga membuat organ pencernaan tetap sehat.

Baca: Pola Diet Santai Tanpa Rasa Lapar, Patut Dicoba!

Makan terlalu cepat memicu stres Selain mengganggu pencernaan, makan tergesa-gesa juga dapat membuat kita tidak dapat menikmati rasa makanan dan menimbulkan hambatan, seperti terselak, tergigit, atau batuk.

Selain itu, melahap makanan terlalu cepat akan membuat Anda tidak tenang. Anda pun tidak akan merasakan kenikmatan rasa makanan di lidah Anda.

Sumber: Boldsky