Jadi Viral di Media Sosial, Begini Kondisi Puskesmas Kebon Jeruk

By nova.id, Rabu, 12 Oktober 2016 | 07:05 WIB
Puskesmas Kebon Jeruk di Jakarta Barat (nova.id)

Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk menjadi viral di media sosial. Itu terjadi  setelah satu pasiennya membuat testimoni mengenai puskesmas tersebut di Facebook.

Akun Facebook milik Destri Ana ini menggambarkan pelayanan dan fasilitas Puskesmas Kebon Jeruk yang dinilainya bagus.

Didatangi Rabu (12/10/2016), saat masuk, masyarakat yang datang akan langsung disambut gapura bertuliskan Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk.

Bangunan besar empat lantai itu langsung terlihat lengkap dengan papan bertuliskan "Free WiFi".

Ketika masuk ke dalam gedung, masyarakat akan langsung berhadapan dengan loket pendaftaran seperti yang ada di bank.

Kemudian, ada petugas sekuriti yang siaga berdiri di samping alat pengambilan nomor antrean seperti di bank. Sistem pengambilan nomor antrean di puskesmas ini memang tidak lagi manual.

Lantai 1 khusus lansia

Ternyata, loket itu merupakan loket pendaftaran khusus untuk lansia dan pasien dengan penyakin tidak menular.

Selain itu, di loket tersebut juga dibuka layanan pengaduan masyarakat terkait pelayanan puskesmas.

Kepala Legal dan Humas Puskesmas Kebon Jeruk Marzunanta mengatakan, konsep ini sengaja dibuat untuk para lansia.

"Kalau lansia kan prioritas dan pasien PTM (penyakit tidak menular) itu juga biasanya sudah ke arah lansia. Memang sengaja kita satukan jadi pelayanan satu pintu," ujar Marzunanta.

Ada sebuah program bernama "Pokemons" yang dibuat di puskesmas ini. "Pokemons" merupakan kepanjangan dari "Poli Kesehatan Manula One Stop Service".

Dengan program ini, semua kebutuhan pasien lansia bisa dilayani di lantai 1. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan oleh dokter, uji laboratorium, dan pengambilan obat.

Dengan demikian, pasien lansia tidak perlu naik turun tangga ataupun lift untuk mendapatkan pelayanan.