Ini Dia "Transjakarta Cares" untuk Penyandang Disabilitas

By nova.id, Jumat, 21 Oktober 2016 | 04:01 WIB
PT Transjakarta menyediakan mobil Transjakarta Cares untuk menjemput warga penyandang disabilitas. (nova.id)

Kabar gembira. PT Transportasi Jakarta mengeluarkan layanan baru khusus untuk warga penyandang disabilitas. Layanan baru itu berupa sebuah mobil yang dinamakan "transjakarta Cares" dan akan beroperasi menjemput warga penyandang disabilitas.

"Pak Gubernur sudah mengeluarkan pergub tentang layanan gratis ke beberapa kelompok masyarakat. Kami sebagai BUMD di bawah pemprov, akan ikut program besar pemprov. Makanya kami buat layanan itu," ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (19/10/2016).

Saat ini, ada 5 mobil transjakarta cares yang akan melayani penyandang disabilitas di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Warga penyandang disabilitas bisa memesan mobil transjakarta cares dengan cara menghubungi call center 1500 102 satu hari sebelumnya.

Nantinya, warga penyandang disabilitas yang memesan akan dijemput di rumah masing-masing dan diantar ke halte bus transjakarta ramah disabilitas yang terdekat. Ada 10 halte yang memiliki jembatan penyeberangan orang (JPO) ramah kaum disabilitas, salah satunya adalah halte Monas.

Baca juga: Naik Transjakarta Gratis? Begini Cara Memperoleh "Jakcard Combo"

Budi mengatakan, halte yang ramah penyandang disabilitas akan diberi tanda warna hijau pada tiangnya. Di setiap mobil transjakarta cares terdapat 1 pengemudi dan 1 petugas yang terlatih melayani penyandang disabilitas.

"Kami menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan dalam waktu dekat," ujar Budi.

Pemprov DKI Jakarta terus berusaha meningkatkan layanan bus transjakarta. Selain transjakarta cares, ada juga bus lower deck dan kebijakan naik bus transjakarta gratis untuk PNS, pegawai swasta, personel TNI/Polri, dan lainnya.

Jessi Carina / Kompas.com