Lakukan Ini Jika Kulit Anda Selalu Kering Setiap Hari

By nova.id, Rabu, 26 Oktober 2016 | 08:45 WIB
Lakukan Hal Ini Jika Kulit Anda Selalu Kering Setiap Hari (nova.id)

Punya kulit kering tentu membuat Anda kerap mengeluh. Betapa tidak, seperti halnya kulit berminyak yang cenderung mudah lepek, kondisi kulit yang terlalu kering juga rentan menimbulkan iritasi serta rasa perih, terutama jika masalahnya terletak di area wajah.

Lalu, bagaimana sebaiknya merawat kulit kering? Adakah tindakan khusus yang diperlukan demi memperbaiki kulit yang kekeringan? Simak ulasan di bawah ini:

Perhatikan tanda-tandanya Memperhatikan beberapa tanda kulit kering bisa mempercepat cara mengatasinya sebelum menjadi tambah parah. Gejala awal yang dirasakan paling umum adalah rasa gatal. Rasa gatal ini bisa menjalar sampai mengelupas dan bahkan berdarah.

Ketahui penyebabnya Terkena udara kering secara terus-menerus dan berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan dapat menyebabkan kulit mengering.

Menurut National Institute on Aging, kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Lalu, stres juga dapat membuat kulit menjadi kering.

Jika Anda tidak mengetahui penyebab kulit kering, atau mungkin disebabkan oleh suatu hal yang di luar kendali, segera periksakan ke perawatan kulit khusus atau berkonsultasi dengan dokter kulit.

Baca: Mudah! 4 Tips Perawatan Kulit Kering Sensitif dari Dermatolog

Bersihkan dengan lembut Walaupun Anda memiliki kulit yang tergolong kering, mencuci bersih wajah tetap keharusan untuk menghindari kotoran yang menempel pada permukaan wajah. Kemudian, Anda juga harus menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat dan cocok untuk kulit wajah.

Seorang dermatolog Debra Jaliman, MD, menyarankan untuk memilih pembersih wajah bebas sabun dan bebas alcohol agar tidak menghilangkan kadar minyak yang dibutuhkan oleh wajah Anda. Gunakan juga air hangat untuk membilasnya, bukan air panas.

Gunakan pelembab untuk pagi dan malam hari Setelah membersihkan wajah, segera gunakan pelembap wajah untuk menjaga tingkat kelembapan pada kulit wajah, saran Dr Jaliman.

Kalau Anda memiliki kulit yang kering, disarankan untuk menggunakan pelembab di pagi dan malam hari. Tambahkan juga perawatan alami dengan menggunakan masker yang cocok dengan jenis kulit wajah Anda.

Baca: Apa Bedanya, Kulit Kering dan Kulit Kekeringan?

Pastikan handuk yang digunakan bersih Apa pun jenis kulit Anda, saat mengeringkan wajah sebaiknya menggunakan handuk yang bersih dan sudah dicuci. Bakteri yang menempel pada handuk yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan iritasi atau jerawat pada kulit wajah.

Hindari sinar matahari Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Bukan hanya dapat meningkatkan risiko mengidap kanker kulit, tetapi juga dapat mempercepat penuaan dan mengeringkan kulit.

Pastikan kulit Anda terlindungi dari sinar matahari sebelum menghabiskan waktu di luar ruangan. Seorang dokter kulit, Tsippora Shainhouse, MD, menyarankan untuk menggunakan losion tabir surya dengan SPF setidaknya 30 setiap harinya, dalam cuaca apa pun.

Agustina/KompasFemale Sumber: Readers Digest